alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 07 Februari 2023
home edukasi & pesantren detail berita

Pesan Ustadz Adi Hidayat untuk Orangtua: Tak Ada Anak yang Nakal

mahmuda attar hussein Kamis, 17 November 2022 - 17:00 WIB
Pesan Ustadz Adi Hidayat untuk Orangtua: Tak Ada Anak yang Nakal
Ilustrasi anak-anak ikut salat berjamaah. (Foto: Pixabay).
LANGIT7.ID, Jakarta - Pendakwah Ustadz Adi Hidayat berpesan bahwa orangtua harus sabar dalam mendidik anak-anaknya. Sebab hakikatnya tidak ada anak yang memiliki sifat nakal.

Menurut dia, respons orangtua dalam menanggapi perilaku anak yang masih suka bermain sangat penting. Bahkan, bisa mempengaruhi karakter anak di kemudian hari.

"Seringkali orangtua cepat memarahi anaknya ketika mereka bermain di rumah. Padahal ucapan seorang ibu bisa menjadi doa mujarab pada anaknya," kata dia dikutip dari kanal YouTubenya, Kamis (17/11/2022).

Pendiri Quantum Akhyar Institute ini mengingatkan, agar orangtua, khususnya ibu tidak mengeluarkan kata-kata buruk pada anaknya. Sebaliknya, ibu mesti mengalihkan perkataan itu menjadi doa yang baik untuk anaknya.

Baca Juga: 7 Cara Ajarkan Anak untuk Salat, Bangun Kesenangan dalam Ibadah

"Barang-barang yang rusak di rumah karena dimainkan anak-anak masih bisa diganti. Tapi masa depan anak merupakan hal yang lebih penting dan tak bisa diganti," katanya.

Adapun doa yang dipanjatkan itu sebisa mungkin menggunakan bahasa yang menyentuh. Terlebih, Allah adalah Dzat yang maha Perasa.

"Begitu juga seorang ibu yang memiliki perasaan lebih kuat dibandingkan laki-laki. Maka seorang ibu mesti bisa berdoa dengan seluruh sifat keibuannya," ujarnya.

Berdoa kepada Allah dengan memohon bahwa Dia-lah yang menitipkan anugerah anak. Dia juga lah yang menetapkan anak itu berada di kandungan dan disusui.

"Mohonkan kepada Allah, bahwa Dia yang memberikan anak sebagai tanggung jawab untuk di akhirat nanti. Minta anak-anak kita menjadi anak yang baik sebelum orang tua diwafatkan."

"Jangan lupa pula sebagai orang tua untuk mencontohkan yang baik-baik di rumah. Seperti mendirikan salat, dan ajak anak untuk terlibat melakukan ibadah," tambahnya.

(bal)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 07 Februari 2023
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
12:10
Ashar
15:27
Maghrib
18:20
Isya
19:32
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan