Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 29 Maret 2024
home community detail berita

Jaga Tradisi Ilmu, Masjid Al Aqwam Rutin Kajian Malam Senin

Andi Muhammad Kamis, 17 November 2022 - 22:00 WIB
Jaga Tradisi Ilmu, Masjid Al Aqwam Rutin Kajian Malam Senin
Jaga Tradisi Ilmu, Masjid Al Aqwam Rutin Gelar Kajian Malam Senin. Foto: Istimewa.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Tradisi ilmu menjadi hal yang penting untuk dijaga, seperti yang dilakukan pihak Masjid Al Aqwam. Mereka rutin menggelar kajian setiap malam Senin seusai ba'da Maghrib sebagai bentuk menjaga tradisi ilmu.

Wakil Ketua DKM Masjid Al Aqwam, Ustaz Abdullah mengatakan, pengajian tersebut ada sejak dulu ketika masjid masih berbentuk musala. Karenanya, pihak masjid tak pernah absen menggelar pengajian itu.

"Dari musala sampai sekarang itu kita pertahankan sebagai tradisi setiap malam Senin," kata Ustaz Abdullah saat ditemui Langit7.id di lokasi masjid, Kamis (17/11/2022).

Baca Juga: Adakah Penjelasan Salat 5 Waktu dalam Al-Quran?

Materi pembahasan kajian tersebut meliputi tafsir Qur'an dan fikih. Kajian itu dibuka untuk umum tidak hanya berlaku bagi masyarakat sekitar saja. Lokasi masjid berada di Jalan Bangka Raya Nomor 29, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Jaga Tradisi Ilmu, Masjid Al Aqwam Rutin Kajian Malam Senin

Selain itu, pihak Masjid Al Aqwam turut mengadakan kegiatan sosial, seperti santunan yatim dan dhuafa setiap dua kali dalam setahun, penerima hak tersebut mencapai 100 orang lebih yang dipilih oleh pihak masjid. Pemberian santunan juga menyediakan dengan kondisi keuangan masjid.

"Kita juga melihat kondisi penerima, kalau ini baru mau masuk sekolah kita berikan alat-alat sekolah," ujarnya.

Tak sampai di situ, adanya Masjid Al Aqwam memiliki dampak sangat positif bagi warga sekitar. Pasalnya, masjid juga turut berpartisipasi dalam membantu masyarakat yang rumahnya kerap terendam banjir dari aliran Kali Krukut.

"Kalau sampai dua tiga hari mereka butuh bantuan, kita ikut bantu pemberian sembako untuk dapur umum," tutur Ustaz Abdullah.

Baca Juga: Kisah Cardilli, Dubes Italia di Arab Saudi Putuskan jadi Muslim

(zhd)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 29 Maret 2024
Imsak
04:31
Shubuh
04:41
Dhuhur
12:01
Ashar
15:14
Maghrib
18:02
Isya
19:11
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan