alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 26 November 2022
home edukasi & pesantren detail berita

Ajarkan Anak 7 Hal Positif Ini di Rumah, Bangun Karakter Mulia

mahmuda attar hussein Kamis, 24 November 2022 - 15:00 WIB
Ajarkan Anak 7 Hal Positif Ini di Rumah, Bangun Karakter Mulia
Ilustrasi parenting Islami ke anak usia dini. (Foto: Istimewa).
LANGIT.ID, Jakarta - Ada 7 hal positif yang bisa orangtua ajarkan ke anak-anaknya. Cara ini diyakini bisa menjadikan mereka nanti pribadi yang menyenangkan dan berkarakter mulia.

Orangtua bisa memulai dengan tidak terlalu memanjakan mereka hingga mengajarkan tanggung jawab. Beberapa hal ini dipercaya dapat membentuk karakter positif anak melalui kebiasaan yang dilakukan sehari-hari.

Melansir Huffpost, berikut 7 cara mendidik anak agar memiliki karakter positif:

1. Latihan Mandiri

Ada banyak kegiatan sehari-hari yang bisa diajarkan kepada anak untuk mandiri. Sepeti berpakaian, memakai sepatu, atau ajak mereka membantu membuat camilan kecil di dapur.

Bila dilakukan sehari-hari, kebiasaan ini akan membuat mereka tidak menjadi anak yang merepotkan. Seperti selalu meminta bantua orang tua dalam urusan kecil.

2. Batasan

Anak-anak juga harus diajari perihal batasan dengan tegas. Mereka harus paham hal apa saja yang boleh dilakukan dan didapatkan, begitu juga sebaliknya.

Penerapan batasan kepada anak ini mesti dilakukan secara konsisten. Sehingga mereka tidak akan menolak secara keras ketika ada penerapan batasan tertentu lainnya seperti di sekolah.

3. Tanggung Jawab

Anak-anak juga harus dilatih untuk bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan. Hal ini bisa diajarkan dengan memberikan mereka arahan kecil seperti merapikan mainan yang telah mereka gunakan.

Selain itu, ajarkan juga mereka untuk selalu mengerjakan dan menyelesaikan rutinitas hariannya. Mulai dari ketepatan waktu tidur, sikat gigi, mandi, dan lainnya.

4. Apresiasi

Setelah belajar menyelesaikan tugas dan tanggung jawab kecilnya, maka akan menarik bila mereka mendapatkan sebuah apresiasi.

Berikan mereka pujian, bila perlu hadiah kecil yang bisa mereka dapatkan usai menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya di rumah.

5. Jangan Buru-Buru Menolong

Orang tua tidak seharusnya terburu-buru menolong anak ketika mendapati masalah kecil di rumah. Terutama ketika mereka sedikit melakukan kesalahan, seperti memecahkan gelas, menaburkan makanan atau mainan, dan lainnya.

Namun, ajarkanlah mereka untuk kembali menyelesaikan apa yang telah mereka perbuat. Dengan begitu, anak akan terlatih memiliki cara untuk menyelesaikan masalahnya di kemudian hari.

6. Kerja Tim

Anak akan senang ketika mereka melakukan setiap pekerjaan bersama-sama. Sebab, hal itu akan mempermudah pekerjaan mereka.

Selain itu, kerja sama tim akan cenderung membuat anak lebih bahagia karena mereka memiliki banyak teman dalam pekerjaannya.

Jadi lakukanlah berbagai kegiatan di rumah secara bersama-sama. Minta mereka terlibat untuk membantu pekerjaan rumah, dan turuti pula ketika mereka meminta bantuan dalam pekerjaannya.

7. Jangan Permalukan

Jangan sering mempermalukan anak-anak dengan menceritakan kesalahan mereka kepada orang lain. Hal ini dilakukan agar mereka tidak menjadi pribadi yang minder.

Mempermalukan anak sendiri hanya akan menghambat produktivitas mereka. Jadi lebih baik menceritakan capaian mereka di depan orang lain untuk meningkatkan rasa kepercayaan dirinya.

(bal)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 26 November 2022
Imsak
03:56
Shubuh
04:06
Dhuhur
11:43
Ashar
15:07
Maghrib
17:56
Isya
19:10
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan