alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 07 Februari 2023
home global news detail berita

Gelar Rakernas 2022, SAHI Siap Kolaborasi Perkuat Ekosistem Haji dan Umrah

Fifiyanti Abdurahman Kamis, 24 November 2022 - 16:55 WIB
Gelar Rakernas 2022, SAHI Siap Kolaborasi Perkuat Ekosistem Haji dan Umrah
Rakernas DPP SAHI pada 24-25 November 2022 di Jakarta mengangkat tema Bersama SAHI Bangkit Membangun Negeri. Foto: Fifiyanti Abdurahman/Langit7.
LANGIT7.ID - , Jakarta - Dewan Pimpinan Pusat Silaturahmi Haji dan Umroh Indonesia (DPP SAHI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) tahun 2022, pada 24-25 November di Jakarta. Tahun ini, Rakernas SAHI mengangkat tema "Bersama SAHI Bangkit Membangun Negeri".

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Silaturrahim Haji dan Umroh Indonesia (DPP SAHI) Abdul Khaliq Ahmad mengatakan Rakernas kali ini untuk mengevaluasi program baru dan masa bakti kepemimpinan periode 2020-2025.

Baca juga: KJRI Jeddah Amankan 127 Paspor Jamaah Haji dan Umrah yang Wafat

Selain itu, Abdul menyebut SAHI siap berkolaborasi dengan Kementerian Agama dan instansi lainnya, seperti UMKM, perbankan, dan pondok pesantren dalam menguatkan ekosistem haji.

Menurut Abdul Kholiq, pondok pesantren merupakan mitra strategis SAHI untuk penguatan ekonomi umat. Abdul Kholiq menambahkan, penguatan ekonomi di lingkungan pesantren dapat menjadikan lembaga pendidikan agama ini sebagai pusat pertumbuhan baru.

"Karenanya SAHI akan berkolaborasi dengan dunia pesantren terkait dengan pengembangan ekonomi," kata Abdul Kholiq pada Langit7, Kamis (24/11/2022).

Sementara Ketua Dewan Pembina SAHI Siti Ma’rifah mengatakan pihaknya siap bekerjasama dan berkolaborasi dengan Kemenag untuk memperkuat ekosistem haji dan umrah di Indonesia.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Pakaian Ihram Perempuan saat Haji dan Umrah

“SAHI akan berkolaborasi dengan Kemenag tidak hanya berkaitan dengan peningkatan pembimbing haji tetapi juga peningkatan ekosistem haji dan umrah,” tutur Siti Ma’rifah.

Ia menilai, kekuatan haji sangatlah besar tidak hanya terfokus pada kekuatan ibadah saja tapi juga kekuatan kesalehan pribadi dan kesalahan sosial. “Maka dari itu siklus rantai ekonomi umat akan dibangun melalui pemberdayaan ekosistem haji,” ucapnya.

(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 07 Februari 2023
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
12:10
Ashar
15:27
Maghrib
18:20
Isya
19:32
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan