alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 26 November 2022
home community detail berita

Komunitas Media Online dan Jufi Dirikan Posko Bantuan di Cianjur

Andi Muhammad Jum'at, 25 November 2022 - 17:00 WIB
Komunitas Media Online dan Jufi Dirikan Posko Bantuan di Cianjur
Komunitas Media Online dan Jufi Dirikan Posko Bantuan di Cianjur. Foto: Rama Yudhistira.
LANGIT7.ID, Jakarta - Komunitas Media Online Indonesia (Komodo) dan Jurnalis Filantropi Indonesia (Jufi) terjun langsung ke lokasi bencana gempa tektonik 5,6 skala richter di Cianjur, Jawa Barat dengan mendirikan posko bantuan. Posko pusat bantuan berlokasi tepatnya di Desa Cisarandi.

Ketua Komodo, Denis mengatakan, pendirian posko berlangsung selama empat hari dari Selasa (22/11/2022) dan rencananya akan berlangsung selama satu bulan guna membantu para warga yang terdampak. Program yang diadakan di antaranya dapur umum, layanan kesehatan, dan trauma healing.

Komunitas Media Online dan Jufi Dirikan Posko Bantuan di Cianjur

"Kalau untuk dapur umum kita memberi bantuan berupa makanan sehari itu dua kali, pagi sore atau siang malam untuk sekitar 300 porsi. Kita distribusikan dari sini kepada warga dari empat RT (rukun tetangga)," kata Denis saat di wawancara Langit7.id, Jumat (25/11/2022).

Baca Juga: Ulama dan Asatidz Terjun Dampingi Pengungsi Gempa Cianjur

Denis mengungkapkan, kondisi dari warga sekitar yang terdampak cukup ironi, sebab mereka sangat trauma akibat gempa. Bahkan gempa susulan kerap terjadi dalam kurun waktu 30 menit sekali yang membuat kondisi psikis warga kian terganggu.

Karena itu, adanya program trauma healing merupakan suatu hal yang sangat bermanfaat bagi mereka yang mengidap trauma mendalam. Di sisi lain, guna menghilangkan rasa cemas berlebih sejumlah warga juga aktif membantu memasak di dapur umum.

"Kita berdayakan teman-teman pemudi, ibu-ibu di sini untuk masak, kita supply logistiknya, mereka bantu memasak," kata dia.

Komunitas Media Online dan Jufi Dirikan Posko Bantuan di Cianjur

"Mereka trauma banget, jadi kalau hujan dikit ada yang langsung teriak kita langsung tenangin. Dan macam-macam, tadi juga ada bunyi suara pintu terbuka langsung panik," sambungnya.

Denis mengungkapkan, penggalangan dana bisa dilakukan melalui nomor rekening atau bisa juga langsung datang ke posko. Seberapa besar donasi yang disumbangkan akan sangat membantu untuk warga sekitar yang terdampak.

"Kemarin ada dari mahasiswa Unisa Bandung, mereka menawarkan untuk trauma healingnya dari teman-teman mahasiswa," ujarnya.

Komunitas Media Online dan Jufi Dirikan Posko Bantuan di Cianjur

Denis mengatakan, untuk layanan kesehatan pihaknya memiliki sedikit kendala, yakni keterbatasan kebutuhan medis, seperti obat-obat dan kebutuhan infus untuk sejumlah warga yang membutuhkan. Meski demikian, masyarakat setempat sangat merasakan dampak positif kehadiran komunitas Komodo dan Jufi.

Bagi sahabat Langit7 yang ingin menyalurkan dana bantuan namun jauh dari lokasi posko, bisa melalui transfer rekening ke BSI 7206178528 atas nama Jurnalis Filantropi Indonesia. Konfirmasi donasi ke nomor WA 0812-2088-1323 (Ahmad Zuhdi). Semoga menjadi pemberat timbangan kebajikan kelak. Amin.

Baca Juga: Laznas Dewan Da’wah Terjunkan Armada Kemanusiaan ke Cianjur

(zhd)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 26 November 2022
Imsak
03:56
Shubuh
04:06
Dhuhur
11:43
Ashar
15:07
Maghrib
17:56
Isya
19:10
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan