alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 26 November 2022
home global news detail berita

Ulama dan Asatidz Terjun Dampingi Pengungsi Gempa Cianjur

Muhajirin Kamis, 24 November 2022 - 17:26 WIB
Ulama dan Asatidz Terjun Dampingi Pengungsi Gempa Cianjur
Ustadz Salim A Fillah menemui para pengungsi (foto: Instagram/@salimafillah)
LANGIT7.ID, Cianjur - Sejumlah ulama dan asatidz berkunjung ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat membawa bantuan untuk korban gempa bumi magnitudo 5,6 pada Senin (21/11/2022). Beberapa di antaranya seperti pengasuh Pondok Pesantren Al-Bahjah Cirebon, Buya Yahya, pendakwah asal Yogyakarta, Ustadz Salim A Fillah, Ustad Muhammad Jazir, hingga Ustadz Adi Hidayat.

Setelah safari dakwah di Bandung, Buya Yahya melanjutkan kunjungan dan memotivasi para korban dan santri Al-Bahjah Cianjur yang terdampak gempa. Dalam motivasinya, ulama kondang itu mengingatkan para korban untuk bersabar atas musibah tersebut. Dia yakin Allah Ta’ala menyediakan hikmah di balik musibah tersebut.

Tampak Buya Yahya mengenakan baju koko hitam disertai selendang batik. Dia mengunjungi salah satu tenda pengungsi yang diisi mayoritas anak-anak. Dia pun memotivasi anak-anak itu dari hal yang paling dekat dari mereka.

Baca Juga: FOZ: Korban Gempa Cianjur Trauma, Tenda Pengungsian Membludak

"Siapa yang pernah sekolah? Habis ujian naik kelas kan? Yakin setelah ini akan enak semuanya,” kata Buya Yahya sambil mengajak para korban berdoa bersama. “Al-Fatihah,” ujarnya.

Selain Buya Yahya, Ustadz Salim A Fillah juga menyempatkan diri berkunjung ke Cianjur. Di sana, dia membagi-bagikan bantuan kepada penyintas gempa. Dalam foto yang diunggah di akun Instagram, dia datang dengan peci blangkon membagi-bagikan makanan ringan untuk anak-anak yang ada di sana.

Di tengah para pengungsi, Ustadz Salim A Fillah menyampaikan, musibah sejatinya bagi orang beriman adalah kabar gembira, sebagaimana Allah mengakhiri ayat tentang pemberian ujian kepada manusia dengan kata-kata, “wabasysyirish shabirin.”

Baca Juga: Dampak Gempa Cianjur Sangat Parah Sebab Episentrum Dekat Pemukiman Warga

“Berita gembira karena ada yang mengatakan “I love you” kepada orang yang sabar. Allah mengatakan “wallahu yuhibbu shobirin.” Karena ada yang mengatakan “aku akan selalu bersamamu” ketika dia dalam musibah dan bersabar. Itulah Allah mengatakan “innallaha ma’ash shabirin’,” ujar Ustadz Salim.

Ada pula pahala tak terbatas di balik musibah yang diperuntukkan bagi orang-orang yang bersabar. Allah mengganjar kesabaran dengan pahala tanpa batas hitungan. Ada juga jaminan kebaikan, rahmat, dan hidayah bagi orang bersabar terhadap musibah itu.

“Kita akan disambut ketika memasuki surga dengan kata-kata, “Salamun’alaikum bima shabartum.. Salam sejahtera atas kalian disebabkan kesabaran kalian”. Berbahagialah yang turut menopang kesabaran orang-orang yang dilanda musibah,” kata Ustadz Salim.

Baca Juga: Pakar Gempa: Upaya Mitigasi Harus Dimulai dari Sekolah

Ustadz Salim A Fillah berangkat ke Cianjur bersama rombongan relawan dari Masjid Jogokariyan Yogyakarta. Termasuk di antaranya Ketua Majelis Syuro Masjid Jogokariyan, Ustadz Muhammad Jazir.

Tak ketinggalan pula Ustadz Adi Hidayat (UAH). Ulama satu ini memang tak perlu diragukan jika menyangkut kemanusiaan. Dia datang ke Cianjur bersama UH Care Peduli untuk membersamai penyintas gempa di Cianjur dan memitigasi kebutuhan.

Dia membawa banyak bantuan, terutama kebutuhan pokok untuk korban. Sebut saja tenda dan logistik. Bahkan, UAH terlihat turut serta mendirikan tenda untuk para korban. Di sebuah tanah lapang, tenda-tenda berwarna biru dari UAH berdiri kokoh.

“Mohon doa selalu dari teman-teman semua. Sementara ini kami belum membuka donasi, ingin memaksimalkan dulu apa yang dapat kami usahakan,” ujar UAH.

(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 26 November 2022
Imsak
03:56
Shubuh
04:06
Dhuhur
11:43
Ashar
15:07
Maghrib
17:56
Isya
19:10
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan