Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 25 Februari 2024
home lifestyle muslim detail berita

5 Kebiasaan Ini Bisa Turunkan Imunitas Tubuh Kala Musim Hujan

ummu hani Sabtu, 03 Desember 2022 - 23:06 WIB
5 Kebiasaan Ini Bisa Turunkan Imunitas Tubuh Kala Musim Hujan
Ilustrasi seorang anak sedang melamun di depan jendela kaca saat musim hujan. (Foto: Langit7.id/iStock)
LANGIT7.ID, Jakarta - Musim hujan sedang melanda Indonesia sehingga membuat suhu relatif dingin. Cuaca seperti ini identik dengan flu karena virus mudah berkembang saat musim dingin.

Flu dapat dicegah dengan menjaga imun tubuh, seperti konsumsi makanan sehat, minum minuman yang hangat, dan berolahraga secara rutin. Namun, banyak orang salah dalam menjaga imunitas tubuhnya.

Baca Juga: Atasi Bibir Kering Saat Musim Hujan, Pakai Lip Balm Hingga Eksfoliasi

Oleh karena itu, kenali lima kebiasaan yang dapat menurunkan imunitas tubuh, yang sudah Langit7.id rangkum dari Lispine, Sabtu (3/12/2022).

1. Kurang Tidur

Tidur adalah waktu ketika tubuh mengisi ulang tenaga dan memperbaiki organ yang sakit. Jika Anda tidak cukup tidur, tubuh tak memiliki waktu untuk tetap melawan virus.

Kurang tidur berpotensi mengembangkan penyakit seperti obesitas, diabetes, dan hipertensi. Perlu diketahui, tidur membantu mempertahankan fungsi sistem kekebalan tubuh.

2. Stres

Kurang tidur juga memicu respons yang sama seperti stres kronis. Meskipun manusia tidak menyadarinya, tuntutan fisik dan emosional dari tanggung jawab sehari-hari dapat menguras kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan bakteri dan virus.

3. Konsumsi Junk Food

Gula tambahan mengintai di hampir setiap makanan olahan baik yang manis maupun gurih. Makan atau minum 100 gram (8 sdm) gula dapat mengurangi 40 persen kemampuan sel darah putih untuk membunuh kuman.

Idealnya konsumsi harian gula sebanyak 50 gram (4 sdm). Sementara konsumsi garam sebanyak 2 gram (sdt), dan lemak 67 gram (5 sdm).

Jika konsumsi harian melebihi batas maka dapat meningkatkan risiko obesitas, depresi, masalah pencernaan, penyakit jantung, stroke, kanker, dan diabetes tipe 2.

Baca Juga: Seringkali Terlupa, Ini Penyebab Bibir Kering Saat Musim Hujan

4. Terlalu Banyak Olahraga

Berlebihan di gym sama buruknya bagi sistem kekebalan tubuh karena tidak cukup beristirahat. Terlalu banyak olahraga berat dapat melemahkan tubuh dan membuatnya lebih rentan terhadap infeksi.

Di Indonesia, Anda direkomendasikan untuk melakukan olahraga selama 150 menit dalam seminggu atau 30 menit setiap hari. Bisa juga minimal 3-5 hari dalam seminggu.

5. Sering Menyendiri

Banyak perbincangan penderita flu harus menjauhi orang agar tak menular. Hal tersebut dapat membuat penderita relatif mengisolasi diri sehingga merasa sendirian.

Padahal, mengisolasi diri dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Dalam penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neuroimmunology, kecemasan yang disebabkan oleh kesepian menekan sistem kekebalan tubuh dan memicu lebih banyak stres oksidatif.

Penelitian yang diterbitkan dalam Psychological Science pada Februari 2015 menunjukkan, berbincang dan memeluk seseorang memiliki efek penyangga stres dan mengurangi kerentanan terhadap penyakit. Namun apabila saat flu, tetap gunakan masker saat bertemu orang lain agar tak menularkan virus.

Baca Juga:

Tips Memanfaatkan Air Hujan untuk Cadangan di Musim Kemarau

Kopi atau Cokelat Panas Bisa Hangatkan Tubuh di Musim Hujan


(gar)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 25 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:09
Ashar
15:16
Maghrib
18:16
Isya
19:26
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan