Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 24 April 2024
home edukasi & pesantren detail berita

Robot Penjaga Keamanan MAN 1 Brebes Tembus 30 Besar Finalis Kompetisi Robotik

arif purniawan Ahad, 04 Desember 2022 - 23:10 WIB
Robot Penjaga Keamanan MAN 1 Brebes Tembus 30 Besar Finalis Kompetisi Robotik
Muhammad Amarrudhin Khan dan Syifa Azkiatun Najwa (foto: istimewa)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Brebes - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Brebes berhasi lolos 30 besar finalis ajang Madrasah Robotic Competition (MRC) Tahun 2022 kategori Robot Inovasi. MRC 2022 diselenggarakan oleh Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Kementerian Agama RI.

MAN 1 Brebes diwakili oleh Muhammad Amarrudhin Khan bersama dengan Syifa Azkiatun Najwa dengan Nama Tim Miracle. Tim ini merancang sebuah robot inovasi yang dinamakan GAMAN yaitu Robot Inovasi Penjaga Keamanan Lingkungan Berbasis ioT.

“Tindak kejahatan berupa pencurian semakin meningkat dari tahun ke tahun, bukan hanya di pemukiman perkampungan biasa bahkan di area cluster perumahan dengan penjagaan 24 jam pun masih terdapat kasus pencurian,” kata Ammar, Ahad (4/12/2022).

Baca juga: Bantu Jamaah Lansia, Kereta Listrik Masjidil Haram Bisa Tampung 7 Orang

“Berbagai upaya sudah dilakukan dengan adanya security, kegiatan ronda/siskamling, pemasangan portal bahkan pemasangan CCTV, namun kasus pencurian masih sering terjadi dan pelaku tidak dapat tertangkap karena tidak terdapat saksi mata dan bukti tindak kejahatan tersebut,” terang Ammar

Robot ini terdiri dari komponen utama ESP 32 sebagai mikrokontoler, pir sensor untuk mendeteksi gerakan, esp 32 cam untuk mengambil foto serta output menggunakan sirine dan lampu sorot led sedangkan untuk sumber energi listrik menggunakan panel surya.

Syifa menambahkah, keunggulan dari robot GAMAN (penjaga keamanan) yaitu merupakan sistem keamanan lingkungan yang sangat efektif dan efisien, karena dapat mendeteksi pergerakan lalu lalang di komplek pemukiman.

Baca juga: Kemenag Gelar Kompetisi Robotik Madrasah ke-8 di GOR UNY

Selain itu juga mampu mencapture foto, mengirimkan foto ke petugas keamanan melalui aplikasi telegram, mengatifkan sirine dan lampu sorot led dan mengoptimakan fungsi portal sehingga dapat meminimalisir, mendeteksi lebih dini dan mengantisipasi kemungkinan terjadinya tindak kejahatan.

“Harapan kami dalam kompetisi MRC Tahun 2022 kami dapat meraih prestasi yang membanggakan untuk Madrasah serta menjadikan pengalaman berharga bagi siswa MAN 1 Brebes dalam ajang Kompetisi Robotik tingkat Nasional,” tutur Syifa.

(sof)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 24 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:52
Isya
19:02
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan