alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 07 Februari 2023
home edukasi & pesantren detail berita

Infak, Amalan Ringan dengan Keutamaan Besar

Andi Muhammad Rabu, 25 Januari 2023 - 08:40 WIB
Infak, Amalan Ringan dengan Keutamaan Besar
Infak, Amalan Ringan dengan Keutamaan Besar. Foto: iStock.
LANGIT7.ID, JAKARTA - Umat muslim sangat dianjurkan untuk menyisihkan sebagian penghasilannya untuk berinfak. Infak tidak mesti mengeluarkan uang sebanyak-banyaknya, tetapi seikhlasnya.

Meskipun harta yang disedekahkan hanya sedikit, namun bila disertai dengan rasa ikhlas, maka Allah akan membalas dengan segudang kebaikan. Allah akan membuka pintu rezeki kepada hamba-hamba-Nya dengan seluas-luasnya bagi mereka yang ikhlas dalam bersedakah.

Karena sebesar apapun rezeki yang kita infakkan akan Allah kembalikan berlipat ganda. Hal ini sesuai dengan firman-Nya dalam surat Al Hadid ayat 18:

اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقٰتِ وَاَقْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah peinjaman yang baik, niscaya akan dilipat gandakan (pembayarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.

Baca Juga: Ramzan Kadyrov Kecam Pembakaran Al-Quran di Swedia, Sebut Paludan Sebagai Iblis

Kemudian juga Allah akan menggugurkan dosa-dosa bagi mereka yang senantiasa bersedekah di jalan Allah SWT. Meski amalan ini sederhana, tetapi sangat dicintai Sang Khalik. Seperti firman-Nya dalam surat Al-Baqarah ayat 271:

إِن تُبْدُوا۟ ٱلصَّدَقَٰتِ فَنِعِمَّا هِىَ ۖ وَإِن تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا ٱلْفُقَرَآءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۚ وَيُكَفِّرُ عَنكُم مِّن سَيِّـَٔاتِكُمْ ۗ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Artinya: Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Dalam hal ini, pendakwah milenial Ustaz Hanan Attaki mengatakan, Allah SWT sangat menyukai hamba-Nya yang rajin berinfak. Terlebih melakukannya dengan sembunyi-sembunyi agar amal baiknya tersebut tidak diketahui orang lain.

"Di antara janji Allah kepada orang yang berinfak adalah perniagaan atau perdagangan yang tidak mungkin rugi. Jadi benarlah sabda Rasulullah SAW, bahwa Nabi bersumpah tidak akan berkurang harta karena sedekah," kata Ustaz Hanan dalam kajiannya, dikutip Rabu (25/1/2023).

Ustaz Hanan menegaskan, seberapapun harta yang disedekahkan untuk keluarga, orang yang membutuhkan, hingga beramal di kotak masjid, mustahil akan membawa kerugian, justru akan membuka pintu rezeki lainnya.

"Allah akan menyempurnakan bayaran dari pada mereka (orang yang berinfak). Jadi orang yang berinfak dan bersedekah di jalan Allah, maka Allah akan menyempurnakan balasan mereka," jelasnya.

(zhd)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 07 Februari 2023
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
12:10
Ashar
15:27
Maghrib
18:20
Isya
19:32
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan