alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 07 Februari 2023
home global news detail berita

KemenagKlaim Tidak Ada Niat Beratkan Calon Jamaah Haji

Andi Muhammad Rabu, 25 Januari 2023 - 10:09 WIB
KemenagKlaim Tidak Ada Niat Beratkan Calon Jamaah Haji
Ilustrasi. Foto: Langit7.id/iStock.
LANGIT7.ID, JAKARTA - Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Hilman Latief mengatakan tengah mencari solusi yang rasional terkait biaya kenaikan ibadah haji 1444 H/2023 M. Dia mengemukakan bahwa Kementerian Agama (Kemenag) tidak ada niat sama sekali untuk memberatkan para calon jamaah haji.

"Kita harus punya empati dan simpati bagaimana kita memiliki pembiayaan haji yang berkeadilan dan berkelanjutan untuk semua antrian jemaah haji Indonesia," kata Hilman dalam diskusi bertajuk 'Biaya Haji 2023 Naik?' di Jakarta Pusat, dikutip Rabu (25/1/2023).

Kenaikan biaya haji, lanjut dia, sebesar Rp30 juta menjadi Rp69 juta bertujuan untuk mencari angka yang proporsional terhadap keuangan haji untuk tahun ini dan tahun-tahun setelahnya.

Baca Juga: Wacana Kenaikan Biaya Haji 2023, Jokowi: Belum Final Sudah Ramai

Dia pun mengungkapkan bahwa Kemenag sudah bertemu berbagai pihak di Arab Saudi terkait pelayanan penyelanggaraan ibadah haji. Lebih lanjut, Hilman berharal, hasil rapat bersama Komisi VIII DPR RI nanti akan menjadi skenario terbaik yang akan diambil.

“Kita akan berdiskusi bagaimana rasionalisasi haji bisa dilakukan agar kenaikan biaya haji seperti yang terjadi pada tahun 2022 bisa diantisipasi lebih awal," ujar Hilman.

"Poinnya adalah dalam satu bulan ke depan kita berharap situasi semakin kondusif. Konsep berhaji itu adalah istitha’ah atau seseorang yang memiliki bekal secara finansial,” imbuhnya.

Jumlah biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) yang diusulkan tahun ini adalah 70 persen dari total Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) yang mencapai Rp98 juta. Sisanya yang 30 persen, Rp29 juta diambilkan dari nilai manfaat pengelolaan dana haji.

(zhd)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 07 Februari 2023
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
12:10
Ashar
15:27
Maghrib
18:20
Isya
19:32
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan