Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 18 April 2024
home wisata halal detail berita

DPR Apresiasi Upaya Kemenparekraf Tarik WNA ke Indonesia Lewat TikTok

Garry Talentedo Kesawa Ahad, 05 Februari 2023 - 11:05 WIB
DPR Apresiasi Upaya Kemenparekraf Tarik WNA ke Indonesia Lewat TikTok
Ilustrasi perjalanan internasional di masa pandemi Covid-19. (Foto: Langit7.id/iStock)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Anggota Komisi X DPR RI, Illiza Sa'aduddin Djamal mengapresiasi sejumlah wacana Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan menarik Warga Negara Asing (WNA) datang berkunjung ke Indonesia dengan menggunakan aplikasi seperti Tik Tok.

Illiza menyambut baik wacana yang dicanangkan Kemenparekraf tersebut. Namun, dia mengingatkan Kemenparekraf agar tetap mengedepankan sistem keamanan hingga transparansi secara terbuka. Hal ini jika sewaktu-waktu bisa dipertanggungjawabkan.

"Kami mengapresiasi wacana pemerintah terkait dengan pengajuan visa WNA via platform atau aplikasi sepanjang aspek keamanannya, keterbukaan, transparansi, dan jelas tujuan serta konsekwensi akan dihadapi dari keinginan atau wacana tersebut," katanya, Ahad (5/2/2023).

Baca Juga: Menparekraf: ASEAN Tourism Forum 2023 jadi Upaya Tarik Wisman

Menurut Illiza, penggunaan aplikasi memang tidak bisa dihindari lagi. Terlebih dengan adanya artificial Intellegence (AI) di berbagai aplikasi merupakan bagian dari transformasi teknologi saat ini.

Kendati demikian, semua wisatawan mancanegara (wisman) harus mendapat pengawalan dan informasi akurat serta terbuka, baik sebelum, sedang dan selesai dari kunjungan sebagai wisman. "Ini penting agar negara tidak dirugikan atas informasi masuk dan keluar wisman tersebut," ujar politikus PPP tersebut.

Menurut Illiza, pada tahun 2022, tercatat mulai Januari-November terdapat 114.513 kunjungan dari China mengalami kenaikan dari tahun 2021. Berkaca dari hal tersebut, amat wajar jika pemerintah melonggarkan aturan demi tercapainya target kunjung wisman di 2023.

"Tetapi harus benar-benar policy yang diterapkan haruslah ketat pula, jangan sampai ini menjadi celah kebocoran WNA yang menjadi pekerja di tanah air. Kita harus fokus untuk WNA yang bertujuan berwisata datang ke Indonesia," ujar Illiza.

Dia menambahkan, banyaknya wisman berkunjung ke berbagai destinasi otomatis akan berimplikasi pada pergerakan roda UMKM, baik secara kualitas maupun kuantitas. "Dan kita berharap efek dari jumlah wisman dapat meningkatkan serta melakukan percepatan roda ekonomi telah 2 tahun menurun tajam akibat covid-19," tambahnya.

Baca Juga: Sandiaga Klaim Aktivitas Parekraf Meningkat Signifikan Pascapencabutan PPKM

Sebelumnya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mewacanakan pengajukan visa dari Warga Negara Asing (WNA) yang ingin ke Indonesia, terutama yang dari China, bisa melalui aplikasi atau platform seperti TikTok.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan, sejumlah inovasi harus dilakukan untuk mencapai target wisatawan mancanegara yang jumlahnya mencapai 7,4 juta orang atau naik dua kali lipat dibanding tahun lalu.

"Karena tutorialnya kan bisa pakai TikTok mengenai e-VoA. Nah di ujungnya itu, kalau kita kerja sama dengan TikTok mungkin ada button yang bisa langsung (apply visa). Tiktok itu kan pakai AI (Artificial Intelligence) mem-profile kita, mungkin kerja sama dengan platfom seperti itu akan memudahkan kunjungan, apalagi Tiktok menjadi aplikasi yang populer di Tiongkok," kata Sandiaga, Kamis (2/2) lalu.

Politikus Partai Gerindra itu mengaku telah berbicara dengan Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Silmy Karim, terkait wacana aplikasi seperti TikTok untuk WNA, terutama dari China, mengajukan visa ke tanah air.

Baca Juga: Sandiaga Optimistis Event Olahraga Internasional Tingkatkan Kunjungan Wisman

(gar)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 18 April 2024
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
11:55
Ashar
15:14
Maghrib
17:54
Isya
19:03
Lihat Selengkapnya
TOPIK TERPOPULER
Terpopuler 0 mui
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan