Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 01 Juni 2023
home global news detail berita

Indonesia Kirim 140 Ton Bantuan Logistik ke Turki dan Suriah

Muhajirin Selasa, 21 Februari 2023 - 13:00 WIB
Indonesia Kirim 140 Ton Bantuan Logistik ke Turki dan Suriah
Presiden Joko Widodo melepas 4 pesawat berisi bantuan ke Turki dan Suriah di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Rabu (21/2/2023). (Tangkapan layar YouTube Sekretarian Presiden)
LANGIT7.ID, Jakarta - Pemerintah Indonesia memberangkatkan bantuan logistic untuk korban gempa Turki dan Suriah. Kedua negara tersebut diguncang gempat M7,8 pada 6 Februari 2023 lalu.

Pemberangkatan bantuan logistik itu dilepas langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo, di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (21/2/2023). Bantuan diberangkatkan menggunakan empat pesawat menuju Turki dan Suriah.

“Diplomasi kemanusiaan terus-menerus dilakukan oleh negara kita, Indonesia. Pada pagi hari ini kita akan mengirimkan empat pesawat ke Turki dan Suriah yang berisi 140 ton bahan makanan dan bahan-bahan logistik lainnya yang diperlukan di sana,” kata Jokowi saat pelepasan bantuan kemanusiaan tahap tiga itu.

Baca Juga:Derita Penyintas Gempa Turki: Musim Dingin Menusuk, Rumah Jadi Puing-puing

Pemberangkatan bantuan kemanusiaan dilepas secara simbolis oleh Presiden Jokowi dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Jokowi didampingi Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi, dan Duta Besar Republik Turki untuk Indonesia Ahmet Cemil Miroglu.

Pemerintah Indonesia juga telah mengirim bantuan kemanusiaan tahap pertama untuk membantu korban terdampak gempa Turki pada hari Sabtu (11/02/23). Pemerintah juga mengirim 62 personel tim penyelamat untuk membantu mencari korban yang tertimbun reruntuhan bangunan selama masa kritis.

Bantuan tahap kedua berupa bantuan kebutuhan dokter dan ahli kesehatan. Tim ini akan menangani penyakit menular yang mengancam para penyintas gempa.

(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 01 Juni 2023
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:54
Ashar
15:15
Maghrib
17:47
Isya
19:01
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan