Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Senin, 06 Mei 2024
home global news detail berita

Arab Saudi Tetapkan 11 Maret sebagai Hari Bendera yang Lambangkan Tauhid

Suandri Ansah Kamis, 02 Maret 2023 - 10:48 WIB
Arab Saudi Tetapkan 11 Maret sebagai Hari Bendera yang Lambangkan Tauhid
Bendera Arab Saudi. Foto: iStock.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID - - Raja Arab Saudi, Penjaga Dua Masjid Suci, Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud, mengeluarkan keputusan kerajaan mengenai Hari Bendera Nasional. Dia menetapkan 11 Maret sebagai Hari Bendera Nasional yang dirayakan setiap tahunnya.

“Tanggal 11 Maret setiap tahun akan menjadi hari khusus untuk bendera yang diberi nama Hari Bendera,” kata Raja Salman dikutip SPA, Kamis (2/3/2023).

Baca juga: 4 Inti Kandungan Al-Qur'an: Tauhid, Kematian, Kebangkitan, dan Keadilan

Raja Salman dalam dekrit tersebut mengatakan bahwa Hari Bendera Nasional ditetapkan berdasar hari yang sama ketika pendiri Arab Saudi, Raja Abdul Aziz Al-Saud, menyetujui bendera seperti yang di kenal sekarang. Bendera berwarna hijau menampilkan kalimat tauhid dan pedang yang berwarna putih.

“Ini didasarkan pada nilai bendera nasional yang membentang sepanjang sejarah negara Saudi sejak didirikan pada tahun 1139 Hijriah bertepatan dengan 1727 Masehi, yang melambangkan kesaksian tauhid (Tidak ada Tuhan selain Allah) di tengah-tengahnya,” kata Raja.

Raja Salman mengatakan, kalimat tauhid merupakan pesan perdamaian dan Islam yang menjadi dasar negara. Sementara pedang melambangkan kekuatan, martabat, ketinggian kebijaksanaan dan status.

Baca juga: UAS: Murnikan Tauhid agar Kita Tak Salah Bersandar

“Selama hampir tiga abad, bendera tersebut merupakan saksi dari kampanye penyatuan negara yang dilancarkan oleh negara Saudi, dan warga negara ini telah menganggapnya sebagai panji kebanggaan dan luhur karena keyakinan akan pentingnya bendera sebagai manifestasi negara, kekuatan, kedaulatan, dan simbol kohesi, koalisi, dan persatuan nasional”

Sedangkan, tanggal 27 Zulhijjah 1355 H bertepatan dengan 11 Maret 1937 M, adalah hari ketika Pendiri Arab Saudi Raja Abdulaziz mengesahkan bendera dengan konotasi besar yang merujuk pada tauhid, keadilan, kekuatan, pembangunan, dan kemakmuran.

(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Senin 06 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:13
Maghrib
17:49
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan