Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 25 April 2024
home home & garden detail berita

6 Tips Dekorasi Kamar agar Tidur Kian Nyenyak

Muhajirin Ahad, 12 Maret 2023 - 12:00 WIB
6 Tips Dekorasi Kamar agar Tidur Kian Nyenyak
Ilustrasi. (Foto: Langit7.id/iStock)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Mendapatkan tidur yang berkualitas merupakan hal yang penting untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan tubuh. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kualitas tidur adalah lingkungan tidur yang nyaman dan santai.

Oleh karena itu, dekorasi kamar tidur yang baik dapat membantu menciptakan suasana yang nyaman dan memudahkan Anda tidur nyenyak. Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan guna menciptakan suasana kamar tidur yang tenang, nyaman, dan ideal untuk tidur yang berkualitas.

Baca Juga: 6 Tips Dekorasi Ruang Tamu agar Terlihat Luas

Berikut ini beberapa tips dekorasi kamar yang dapat membantu Anda tidur nyenyak:

1. Pilih Warna-Warna yang Menenangkan

Warna-warna cat netral seperti biru, hijau, dan abu-abu dikenal sebagai warna yang menenangkan dan dapat membantu menciptakan suasana yang tenah di kamar tidur. Warna biru sering dihubungkan dengan kesegaran dan ketenangan.

Warna hijau dapat memberikan rasa harmoni dan keseimbangan. Sedangkan abu-abu dapat menambah nuansa yang elegan dan tenang di dalam kamar.

Warna-warna cerah seperti merah atau kuning sebaiknya dihindari lantaran dapat membangkitkan emosi dan membuat sulit untuk tidur nyenyak. Namun, jika ingin memasukkan warna-warna cerah, Anda dapat memilih warna-warna pastel yang lembut dan menenangkan seperti pink muda dan kuning pucat.

2. Gunakan Pencahayaan yang Lembut

Pencahayaan yang terlalu terang dapat mengganggu tidur Anda. Maka itu, gunakan lampu dengan watt rendah atau lampu tidur dengan pencahayaan lembut untuk menciptakan suasana yag tenang dan nyaman di kamar tidur.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menambahkan lilin aromaterapi dengan aroma yang menenangkan seperti lavender atau peppermint. Kehadiran aromaterapi turut membantu merilekskan pikiran dan tubuh Anda.

Namun, pastikan lilin diletakkan dengan aman dan tidak boleh dibiarkan menyalam semalaman untuk menghindri risiko kebakaran.

3. Pilih Perabotan yang Sesuai

Pemilihan tempat tidur dan perabotan kamar tidur yang tepat sangat penting untuk menciptakan suasana yang nyaman dan membantu tidur nyenyak. Pertama, pastikan tempat tidur yang dipilih sesuai ukuran kamar tidur Anda.

Tidak disarankan memilih tempat tidur yang terlalu besar, sehingga mengambil banyak ruang dan membuat kamar terasa sempit. Di sisi lain, tempat tidur yang terlalu kecil juga tidak nyaman dan dapat mengganggu tidur.

Selain itu, pastikan pilihan perabotan kamar tidur yang dipilih sesuai dengan gaya dekorasi Anda. Jangan memaksakan membeli perabotan yang tidak sesuai dengan gaya dekorasi kamar Anda, karena dapat membuat kamar terasa tidak nyaman.

Baca Juga: Tips Dekorasi Rumah Biar Lebih Nyaman Kumpul Keluarga

4. Hilangkan Kebisingan

Kebisingan dari luar atau dari peralatan di dalam kamar seperti televisi atau radio dapat mengganggu tidur. Oleh karena itu, penting untuk menghilangkan atau mengurangi kebisinan agar bisa tidur nyenyak.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menggunakan tirai atau gorden tebal dan menutup jendela. Selain itu, pastikan juga untuk mematikan peralatan elektronik seperti televisi atau radio saat hendak tidur.

5. Gunakan Tekstur yang Lembut

Penggunaan selimut, bantal, atau karpet yang lembut dan nyaman dapat membantu menambah kenyamanan di kamar tidur dan membantu Anda tidur nyenyak. Tekstur yang lembut dapat membantu merangsang rasa kenyamanan dan membantu mengurangi stress serta kecemasan yang dapat mengganggu tidur.

Pilihlah selimut dan bantal yang empuk serta nyaman, sehingga Anda dapat tidur ngan lebih nyenyak dan santai.

6. Buat Suasana yang Tenang

Menambahkan elemen alami seperti tanaman hias atau bahan-bahan alami seperti kayu atau bamboo dapat membantu menciptakan suasana tenang dan santai. Tanaman hias juga dapat membantu memperbaiki kualitas udara di dalam kamar.

Selain itu, menggunakan bahan-bahan alami seperti kayu atau bambu untuk dekorasi kamar tidur juga membantu menciptakan suasana yang lebih dekat dengan alam. Tambahkan juga lukisan atau gambar yang menenangkan untuk menciptakan suasana yang lebih santai.

Baca Juga:

5 Ide Dekorasi Edisi Ramadan, Terapkan Gaya Timur Tengah

4 Cara Mudah Maksimalkan Ruang Kosong di Kamar Tidur Minimalis


(gar)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 25 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:51
Isya
19:01
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan