Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 26 Mei 2024
home home & garden detail berita

Fungsi Mihrab dalam Rumah, Tempat Khusus Ibadah

Muhajirin Selasa, 14 Maret 2023 - 15:40 WIB
Fungsi Mihrab dalam Rumah, Tempat Khusus Ibadah
Ilustrasi mihrab dalam rumah. (Foto: Pinterest)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Rumah bagi seorang muslim bukan sekadar tempat berteduh dan tempat tinggal saja, tapi juga tempat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Maka dari itu, sudah sewajarnya setiap muslim membuat mihrab di dalam rumahnya.

Mihrab merupakan tempat khusus untuk beribadah. Tidak hanya salat, mihrab juga tempat untuk berdoa, membaca Al-Qur’an, ataupun berzikir.

Baca Juga: Rumah Ideal dalam Islam, Penyejuk Jiwa dan Tersambung ke Langit

Fungsi mihrab dalam rumah adalah sebagai tempat beribadah. Sebagaimana Surah Ali Imran ayat 37.

فَتَقَبَّلَهَا رَبُّهَا بِقَبُوْلٍ حَسَنٍ وَّاَنْۢبَتَهَا نَبَاتًا حَسَنًاۖ وَّكَفَّلَهَا زَكَرِيَّا ۗ كُلَّمَا دَخَلَ عَلَيْهَا زَكَرِيَّا الْمِحْرَابَۙ وَجَدَ عِنْدَهَا رِزْقًا ۚ قَالَ يٰمَرْيَمُ اَنّٰى لَكِ هٰذَا ۗ قَالَتْ هُوَ مِنْ عِنْدِ اللّٰهِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ يَرْزُقُ مَنْ يَّشَاۤءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ

"Maka Dia (Allah) menerimanya dengan penerimaan yang baik, membesarkannya dengan pertumbuhan yang baik dan menyerahkan pemeliharaannya kepada Zakaria. Setiap kali Zakaria masuk menemuinya di mihrab (kamar khusus ibadah), dia dapati makanan di sisinya. Dia berkata, “Wahai Maryam! Dari mana ini engkau peroleh?” Dia (Maryam) menjawab, “Itu dari Allah.” Sesungguhnya Allah memberi rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki tanpa perhitungan." (QS Ali Imran: 37)

Ustaz Adi Hidayat (UAH) memaparkan, Maryam memiliki mihrab khusus di Masjid Al-Aqsa. Maryam beribadah dan tak meninggalkan mihrab. Bahkan, Allah SWT menurunkan rezeki secara langsung kepada Maryam di mihrab tersebut.

"Mihrab, di tempat tersebut, Allah mempercepat rezekinya dan mengabulkan doa-doanya dengan cepat,” ucap UAH dikutip dari salah satu tausiahnya, Selasa (14/3/2023).

Baca Juga: Tips Dekorasi Rumah untuk Menyambut Ramadhan 2023

Hal itu didasarkan penjelasan tentang masjid di dalam Surah At-Taubah ayat 18, mushala yang termaktub dalam Surah Al-Baqarah ayat 125, dan mihrab pada Surah Ali Imran ayat 37. Spesifikasi mihrab bisa dilakukan di rumah karena tidak membutuhkan bidang yang luas.

"Mihrab tidak perlu luas, sehamparan sajadah boleh. Di rumah boleh bikin mihrab, tapi ingat tempat itu hanya dikhususkan untuk tempat ibadah, seperti salat, baca Qur’an, tilawah, dan berdoa. Untuk urusan dunia keluar dari situ (mihrab)," ujar UAH.

UAH menegaskan, janji Allah bagi umat muslim yang memiliki mihrab akan dianugerahkan dua hal yang tidak diberikan kepada kelompok lain. Dua hal itu yakni Allah akan mempercepat rezeki dan mengijabah doa, meski doa itu terlihat mustahil bagi orang lain.

"Buktinya, Maryam punya mihrab kuncinya dipegang oleh pamannya Zakaria. Nabi Zakaria memberi makanan dan pakaian. Tetapi yang menarik, ketika akan memasuki mihrab, dibuka kuncinya sudah ada makanan dan pakaian," tutur UAH.

Baca Juga:

7 Cara Bersihkan Lantai dari Najis, Jangan Lupa Niatkan karena Allah

5 Ide Dekorasi Edisi Ramadan, Terapkan Gaya Timur Tengah


(gar)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 26 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan