Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 25 Februari 2024
home masjid detail berita

Apa Amalan Pembuka Pintu Rezeki Berlimpah dan Berkah?

Muhajirin Kamis, 23 Maret 2023 - 06:00 WIB
Apa Amalan Pembuka Pintu Rezeki Berlimpah dan Berkah?
Ilustrasi pengusaha muslim berdoa kepada Allah meminta kesuksesan bisnisnya saat bekerja di rumah. Foto: Langit7/iStock.
LANGIT7.ID, - Jakarta - Pakar Ekonomi Syariah, Ustadz Adiwarman Karim, menjelaskan, beberapa amalan yang bisa membuka pintu rezeki seseorang. Tidak berpatok pada nominal saja, tapi ada keberkahan dari rezeki tersebut.

Dia menjelaskan, amalan utama pembuka pintu rezeki adalah ikhtiar dan sungguh-sungguh mencari rezeki yang halal. Kegigihan dalam mencari rezeki dengan mengharap ridha Allah akan memberikan hasil yang berlimpah dan berkah.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Ciri-ciri Rezeki Penuh Berkah

“Ikhtiar dan sungguh-sunggu dalam mencari rezeki yang halal, dalam lingkungan pesantren dikenal dengan istilah ‘man jadda wa jada,” kata Ustadz Adiwarman Karim dalam salah satu tausiahnya di Smart Skill Skool, dikutip Kamis (23/3/2023).

Ustadz Adiwarman menjelaskan, Allah Ta’ala mencintai umat Islam yang kuat daripada yang lemah, bersemangat dalam melakukan hal-hal bermanfaat, dan meminta pertolongan dari Allah dari sikap bermalas-malasan.

Dari Anas bin Malik RA bekata, Nabi SAW berdoa:

اللهم إني أعوذ بك من الهم والحزن، والعجز والكسل، والبخل والجبن، وضلع الدين وغلبة الرجال

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kegalauan dan kesedihan, kelemahan dan kemalasan, kepengecutan dan kekikiran, tindihan hutang dan penindasan orang.” (HR Bukhari No.6369).

Baca juga: Orang Bertakwa Jauh dari Kefakiran, Rezeki Dijamin Allah SWT

Seorang muslim yang kuat berarti memiliki kekuatan iman kepada Allah. Dalam hal ini bukan kekuatan fisik yang menjadi tolak ukur. Tetapi, kekuatan iman dalam hati. Iman itulah yang mendorong untuk berusaha mencari rezeki yang berkah.

“Pengertian kuat di hadits adalah orang yang kuat iman dan kuat tekadnya lebih dicintai Allah. Yang dituntut oleh Allah kepada kita adalah ikhtiarnya, kalau hasilnya terserah Allah,” ujar Ustadz Adiwarman.

Ustadz Adiwarman juga menganalogikan rezeki seperti seseorang yang sedang berada di sebuah pesta. Di pesta itu banyak hidangan makanan. Siapa saja bebas memilih makanan yang diinginkan.

“Sama kayak kita di dunia, ini rezeki Allah terhampar luas, kalau kita enggak mau usaha hanya bermodalkan salat, doa, dan zikir saja, tapi enggak mau berusaha, kagak bisa,” ucapnya.

Baca juga: Sedang Berada di Masa Sulit? Upayakan Selalu Husnuzan kepada Allah

(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 25 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:09
Ashar
15:16
Maghrib
18:16
Isya
19:26
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan