Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 25 April 2024
home sosok muslim detail berita

Muslimah Belanda Ini Menang Lari Maraton, Berlatih Saat Puasa

Muhajirin Sabtu, 29 April 2023 - 17:00 WIB
Muslimah Belanda Ini Menang Lari Maraton, Berlatih Saat Puasa
Atlet Olimpiade muslim asal Belanda, Sifan Hassan,
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Meskipun mengalami cidera pinggul, atlet Olimpiade muslim asal Belanda, Sifan Hassan, berhasil meraih kemenangan dalam maraton London pada Ahad (23/4/2023). Menariknya, dia melakukan persiapan dan latihan saat menjalani ibadah puasa Ramadhan 1444 H.

Meski sempat pincang dan berbaring di sisi jalan, Hassan melakukan comeback yang menakjubkan untuk memenangkan perlombaan 26,2 mil. Sebagai seorang Muslim yang taat, persiapan lari marathon Sifan tidak ideal karena sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

"Dia harus berhenti. Seseorang perlu memberinya nasihat untuk mundur dan berhenti mencoba lari," kata juara dunia maraton Inggris Paula Radcliffe saat melihat Hassan pincang dan menarik ke sisi jalan untuk berbaring.

Hassan, mantan pengungsi yang meninggalkan Ethiopia ke Belanda saat berusia 15 tahun, adalah juara Olimpiade dua kali yang belum pernah lari maraton sebelumnya. Sebagai seorang Muslim yang taat, dia tidak memiliki persiapan yang ideal untuk lari maraton karena dia menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Terlepas dari kemungkinannya, atlet Olimpiade Belanda itu melakukan comeback yang menakjubkan sebelum berlari untuk meraih kemenangan. "Sungguh menakjubkan. Saya tidak pernah berpikir saya akan menyelesaikan maraton dan di sini saya memenangkannya," kata Sifan, dikutip About Islam, Sabtu (29/4/2023).

Baca juga:Menghidupkan Kembali Buya Hamka Lewat Sinema

Selain cedera, dia lupa mengambil minuman dari stasiun minuman, membelok ke seberang jalan untuk mengambil botol. Namun, dia merasa beruntung karena berlatih saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

"Aku dilahirkan untuk memiliki drama. Saya tidak berlatih minum. Saya melihat atlet lain pergi dan saya berpikir 'kemana mereka pergi?'. Jadi saya mengambil minuman,” kata Sifan sambil bercanda.

Kemenangan Luar Biasa
Saat lomba lari lebih dari dua jam berakhir dengan sprint terakhir, Hassan mengejutkan semua orang. dia menang di London melawan para Juara andalan, masing-masing ahli dalam jarak lebih dari 26,2 mil. Dia melewati garis finis dengan tangan terentang dalam waktu dua jam 18 menit 33 detik.

"Untuk mengalahkan mereka luar biasa. Bukan hanya memenangkannya, itu cara dia keluar dari persaingan dan namun dia melawan untuk mengalahkan juara Olimpiade, juara bertahan. Dia adalah inspirasi dan itu sangat fenomenal," kata Radcliffe.

Komentator juga terpana dengan penampilannya. Sifan Hassan telah melakukan sesuatu yang tidak pernah diharapkan oleh siapa pun dengan berjuang melawan cederanya, meraih pinggulnya dan berhenti untuk meregangkannya. Komentator ampir tidak percaya melihat Sifan melawan cedera saat lomba.

"Dia menentang konvensi. Dia tidak berlari dengan cara normal dan itulah mengapa ini adalah kemenangan maraton terbesar yang pernah saya lihat, karena cara dia melakukannya. Dua medali emas Kejuaraan Dunia dan dua medali emas Olimpiade di lintasan, tapi itu adalah kemenangan terbaik dalam hidupnya,” ucap Andrew Cotter, dikutip BBC.

Di Tokyo pada 2020, Muslim Belanda Sifan Hassan memenangkan medali emas 5.000m putri untuk menyegel bagian pertama dari usahanya meraih treble Olimpiade yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Sifan memenangkan 10.000 meter untuk emas keduanya dan medali ketiga Olimpiade Tokyo setelah memenangkan perunggu di 1.500 meter.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 25 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:51
Isya
19:01
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan