Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 25 Februari 2024
home masjid detail berita

Ingin Punya Anak Pintar dan Cerdas, Amalkan 3 Hal ini

Muhajirin Senin, 29 Mei 2023 - 06:00 WIB
Ingin Punya Anak Pintar dan Cerdas, Amalkan 3 Hal ini
Kecerdasan anak sangat penting, namun kecerdasan itu harus bisa mendekatkan diri kepada Allah.
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Setiap orang tua menginginkan anak pintar dan cerdas. Para orang tua pun berlomba-lomba memberikan pendidikan yang terbaik. Selain memberikan pendidikan formal, ada beberapa amalan yang dianjurkan Islam untuk ditanamkan kepada anak.

Ustadz Adi Hidayat (UAH) mengatakan, amalan-amalan tersebut bila ditanamkan kepada anak sejak dini, maka akan meningkatkan kecerdasan dan kemampuan otak mereka. Kecerdasan bagi anak penting, namun kecerdasan itu harus bisa mendekatkan diri kepada Allah dan membawa keberkahan.

Maka itu, kata UAH, penting belajar adab terlebih dahulu dalam menuntut ilmu. jika anak sudah mempelajari adab, maka ilmu akan mudah didapat. "Belajar adab terlebih dahulu, maka Allah SWT akan buka semua peluang ilmu dengan lebih mudah," ujar UAH dalam tausiahnya, dikutip Senin (29/5/2023).

Baca juga:Mana yang Didahulukan, Kurban Dulu atau Aqiqah?

Setelah adab, makan tiga amalan untuk mempermudah dalam menuntut ilmu bisa diamalkan. Bila amalan itu rutin diajarkan kepada anak, maka akan menjadi anak shaleh dan kecerdasannya akan meningkat hingga 100 kali lipat.

"Jika amalan ini rutin dilakukan, maka anak akan menjadi shaleh dan pintar serta kecerdasannya akan meningkat hingga 100 kali lipat," ujar UAH.

Berikut tiga amalan yang bisa meningkatkan kecerdasan anak:

1. Selalu Mendirikan Sholat
Mengajarkan anak untuk selalu mendirikan sholat sejak kecil, menurut Ustadz Adi Hidayat bisa meningkatkan kecerdasannya. Mengajarkan anak untuk disiplin dalam sholat sejak dini sangat bagus agar anak tersebut bisa mudah menerima ilmu yang diajarkan kepadanya.

"Kalau anak diberi kemudahan pengetahuannya oleh Allah, maka ajarilah ia sholat sejak kecil, jaga disiplin sholatnya bila perlu tambah tahajud," ujar UAH.

Baca juga:Menag Yaqut Dorong Pesantren Sinergi Membangun Kekuatan Ekonomi

2. Menghafal dan Membaca Al Qur'an
Amalan untuk anak yang perlu diajarkan sejak kecil untuk meningkatkan kecerdasannya adalah dengan membiasakan membaca dan menghafal Al Qur'an.

"Anak yang hafal dan dekat dengan Al Qur'an akan meningkat kecerdasan otaknya, terlebih lagi dia hafal dengan benar maka kecerdasannya meningkat 3 kali lipat," ujar UAH.

3. Rajin Sedekah
Amalan ketiga yang bisa diajarkan kepada anak untuk meningkatkan kecerdasannya adalah dengan membiasakan sedekah sejak kecil.

"Anak yang hafal dan dekat dengan Al Qur'an akan meningkat kecerdasan otaknya, terlebih lagi dia hafal dengan benar maka kecerdasannya meningkat 3 kali lipat," ungkap UAH.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 25 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:09
Ashar
15:16
Maghrib
18:16
Isya
19:26
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan