Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 15 Juni 2024
home wisata halal detail berita

Mencoba Tawaf Virtual dengan Realitas Maya, Sandiaga: Serasa di Masjidil Haram

tim langit 7 Senin, 24 Juli 2023 - 23:45 WIB
Mencoba Tawaf Virtual dengan Realitas Maya, Sandiaga: Serasa di Masjidil Haram
Menparekraf Sandiaga Uno mencoba tawaf virtual mengelilingi Masjidil Haram dengan teknologi Virtual Reality (Realitas Maya) karya salah seorang pelaku kreatif Kota Depok.
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mencoba tawaf virtual mengelilingi Masjidil Haram dengan teknologi Virtual Reality (Realitas Maya) karya salah seorang pelaku kreatif Kota Depok.

Teknologi ini memungkinkan pengguna mendapatkan pengalaman laksana mengunjungi Masjidil Haram bahkan mendekati Ka'bah.

Sandiaga mencoba teknologi tersebut di sela-sela kegiatannya mengisi workshop "KaTa Kreatif" di Aula Gedung Dibaleka II Kota Depok. Dia mengapresiasi karya Taufan, salah seorang pelaku ekraf di Kota Depok.

Menparekraf merasa benar-benar seperti berada di Masjidil Haram. "Saya benar-benar merasa seperti sedang di Makkah. Menariknya, saya sudah berulang kali ke Baitullah belum bisa mencium Hajar Aswad. Tapi di VR tadi saya berhasil mencium Hajar Aswad untuk pertama kali meski secara virtual. Dan tidak berdesak-desakan," katanya dikutip Senin (24/7/2023).

Tidak cuma berhasil mencium batu Hajar Aswad, Menparekraf secara virtual juga mencoba untuk menyentuh pintu Ka'bah. "Jadi ini sangat membantu memberikan pengalaman bagi masyarakat yang hendak manasik atau belum rezeki untuk pergi umrah atau haji. Jadi bisa tawaf dan sa'i dengan bantuan teknologi ini," terang dia.

Sandiaga mengatakan karya digital ini menunjukkan potensi Kota Depok dalam pengembangan ekonomi kreatif. Terlebih saat ini Kota Depok terpilih menjadi wakil Indonesia untuk masuk dalam Jejaring Kota Kreatif UNESCO kategori media dan kesenian.

Pengembangan teknologi digital oleh pelaku ekraf diharapkan dapat memberikan sumbangsih dalam pengembangan Kota Depok. Sehingga mampu mendorong kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja.

"Seperti pengembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk mengatasi kemacetan kota atau pengembangan aplikasi untuk membantu pelayanan publik," ujar Sandiaga.



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 15 Juni 2024
Imsak
04:29
Shubuh
04:39
Dhuhur
11:57
Ashar
15:18
Maghrib
17:49
Isya
19:04
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan