Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 13 Juli 2024
home lifestyle muslim detail berita

Taste Atlas: Siomay Bandung dan Batagor Jajanan Terenak di Dunia

esti setiyowati Kamis, 07 September 2023 - 08:00 WIB
Taste Atlas: Siomay Bandung dan Batagor Jajanan Terenak di Dunia
Siomay Bandung dan Batagor jadi jajanan terenak di dunia.Foto/ist
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Siomay Bandung dan batagor mendapat predikat sebagai jajanan kaki lima paling enak di dunia versi Taste Atlas.

Taste Atlas sendiri adalah website panduan wisata yang rutin memberi peringkat pada kuliner tradisional berbagai negara.

Terbaru, Taste Atlas memeringkatkan jajanan kaki lima terenak di dunia yang diberi judul "10 Best Rated Street Food in The World" pada Senin (4/9/2023), berikut daftarnya:

Baca juga:Putri Ariani Tampil Bak Diva di AGT 2023, Kenakan Gaun Sequin dan Hijab Turban

1. Siomay Bandung - Indonesia
Masakan khas Indonesia ini berbahan dasar ikan, kentang, kubis, tahu, dan pare. Setelah dikukus, semua bahan ditampung di piring, dipotong-potong seukuran sekali gigit, dan ditaburi saus kacang pedas.

Siomay merupakan masakan sehari-hari yang sangat digemari oleh kalangan pelajar. Makanan ini kerap dijumpai di pusat jajanan tradisional Indonesia.

2. Crepes - Prancis
Pancake tipis ini terbuat dari tepung terigu, dan berasal dari wilayah Brittany, Prancis. Camilan lezat ini dibuat dari tepung, telur, susu, dan mentega yang dikocok menjadi adonan tipis, lalu dituangkan ke dalam wajan crêpe dan digoreng.

3. Pastel de Natta - Portugal
Pastel de nata adalah kue tart puding telur tradisional Portugis yang populer di seluruh dunia. Kue tart ini terbuat dari sisa kuning telur yang digunakan untuk membersihkan anggur dan membuat kanji pakaian.

4. Goutie - China
Guotie adalah pangsit Tiongkok Utara yang biasanya diisi dengan daging babi cincang, kubis Cina, daun bawang, jahe, arak beras, dan minyak biji wijen. Dari segi bentuknya, guotie harus selalu panjang dan lurus agar lebih mudah berdiri dan tidak terjatuh saat dimasak.

5. Roti Canai - Malaysia
Roti canai adalah roti pipih goreng tradisional yang terbuat dari tepung, air, telur, dan lemak asal India, juga dikonsumsi di Malaysia, Singapura, Indonesia, Brunei, dan Thailand. Adonan roti canai dilipat berkali-kali sehingga hasil akhirnya memiliki tekstur berlapis, bagian dalam lembut, dan lapisan luar renyah.

6. Batagor - Indonesia
Salah satu jajanan paling terkenal di Indonesia adalah batagor, pangsit ikan goreng yang disajikan dengan saus pedas tradisional. Meski jajanan terkenal ini mengingatkan kita pada pangsit Cina yang lebih terkenal, namun ciri khasnya adalah digoreng, bukan dikukus.

7. Banh Mi Thit - Vietnam
Bánh mì th?t adalah variasi sandwich bánh mì tradisional Vietnam yang artinya daging. Seperti namanya, sandwich ini dibuat dengan berbagai potongan daging dingin Vietnam seperti irisan daging babi panggang, irisan perut babi, ch? (irisan ham), atau sosis babi ch? l?a, bersama dengan mentimun, mayones, acar wortel dan daikon, serta pâté hati. dimasukkan ke dalam gulungan bánh mì.

8. Taco - Meksiko
Taco adalah hidangan nasional Meksiko – tortilla tipis yang dipanggang di wajan datar dengan banyak isian di atasnya, dilipat dan dimakan tanpa peralatan apa pun.

9. Karaage - Jepang
Karaage adalah teknik memasak Jepang di mana berbagai makanan terlebih dahulu dilapisi tepung garut, kemudian digoreng.

Karaage dapat digunakan untuk menggoreng berbagai daging dan ikan, namun paling sering dikaitkan dengan ayam, dan melibatkan varian khusus yang disebut tatsutaage, di mana potongan ayam direndam terlebih dahulu dalam campuran sake, kecap, dan gula yang kemudian diberi sedikit garam dilumuri tepung garut dan digoreng.

10. Carnitas - Meksiko
Berasal dari negara bagian Michoacán, Meksiko, carnitas adalah hidangan beraroma yang terbuat dari daging babi (biasanya bagian depan atau bahu babi) yang direbus, dipanggang, atau dimasak perlahan dengan lemaknya sendiri dalam waktu lama hingga empuk dan lezat.



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 13 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:02
Ashar
15:23
Maghrib
17:55
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan