Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 24 April 2024
home wirausaha syariah detail berita

Diminati Masyarakat, Begini Tips Usaha Kue Jajanan Pasar

mahmuda attar hussein Kamis, 25 November 2021 - 10:35 WIB
Diminati Masyarakat, Begini Tips Usaha Kue Jajanan Pasar
Kue jajanan pasar. Foto: Langit7/Istock
skyscraper (Desktop - langit7.id)
Langit7, Jakarta - Sahabat Langit7 pasti tahu dengan kue jajanan pasar. Ya, kue ini disebut jajanan pasar karena banyak penjual yang memasarkannya di pasar tradisional.

Adapun beragam jenis kue ini biasanya seperti, lemper, arem-arem, risol, kue lapis, dan lainnya.

Jajanan pasar ini memiliki peminat dari berbagai kalangan. Selain karena rasanya yang enak, kue-kue ini juga memiliki harga yang cukup terjangkau dan mengenyangkan.

Baca juga: Pecinta Ikan Hias dan Tanaman Air Wajib Tahu, Ini Tips Bisnis Aquascape

Sehingga peluang bisnis dari jajajan pasar ini masih cukup terbuka luas. Lantas bagaimana sih untuk bisa menjaga persaingan dan mengembangkan usaha ini? Berikut tipsnya!

Tentukan lapak

Lapak menjadi hal penting bagi penjual kue jajanan pasar ini, karena menjadi tempat bagi untuk memajang beragam jenis kue.

Tentukanlah konsep yang akan Sahabat Langit7 lakukan dalam memulai usaha ini. Seperti kedai sendiri, lapak di pasar tradisional, atau menitipkan kue di toko.

Pastikan ketersediaan kue

Karena jajanan pasar ini memiliki jenis kue yang beragam, ada baiknya Sahabat Langit7 juga menghadirkan beragam varian jenis kue yang ada. Hal itu dikarenakan selera masyarakat terhadap kue yang berbeda-beda.

Baca juga: Ini Cara Jadi Investor di Pasar Modal Syariah

Selain itu, pastikan pula bahwa stok kue yang dipasarkan memiliki ketersediaan yang cukup. Sebab, biasanya pembeli membeli lebih dari satu jenis kue dan dengan jumlah yang cukup banyak.

Jaga kebersihan dan rasa

Sahabat Langit7 tentu tidak mau kan memakan makanan yang tidak higienis. Begitu juga dengan para penikmat kue, mereka akan cenderung memilih kue di tempat yang bersih dan terjaga higienitasnya.

Untuk itu, pastikan kue yang dipasarkan masih dalam kondisi baru dan jauh dari lalat yang biasanya banyak berterbangan di pasar.

Harga bersaing

Minat terhadap kue jajanan pasar ini cukup tinggi, karena selain rasanya yang enak juga harganya yang terjangkau. Jadi walaupun menggunakan bahan premium dalam pembuatannya tetap harus memikirkan nilai jual kue di pasaran.

Pasalnya, jika kue jajanan pasar sudah terlalu mahal, biasanya para pembeli enggan untuk membeli kue dan lebih memilih membeli makanan berat seperti nasi padang.

Baca juga: Tips Travelling Seru dengan Budget Minim

Itulah beberapa tips bagi Sahabat Langit7 yang menjalankan usaha jajanan pasar. Untuk bisa mempertahankan usaha, tentu harus memiliki pembeli yang menjadi langganan.

Hal itu akan terbangun dengan sendirinya jika Sahabat Langit7 konsisten dan persisten dalam menjalankan usaha. Semoga bermanfaat.

(zul)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 24 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:52
Isya
19:02
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan