Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 20 Juni 2024
home community detail berita

Jaga Silaturahmi, IKBAR Ikut Berkontribusi Bangun Asrama AQC Akhwat

Muhajirin Senin, 11 September 2023 - 23:30 WIB
Jaga Silaturahmi, IKBAR Ikut Berkontribusi Bangun Asrama AQC Akhwat
Ikatan Keluarga Besar Ar-Rahman Quranic College (IKBAR AQC) turut berkontribusi dalam pembangunan asrama AQC Akhwat di Megamendung, Bogor, Jawa Barat
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Ikatan Keluarga Besar Ar-Rahman Qur’anic College (IKBAR AQC) turut berkontribusi dalam pembangunan asrama AQC Akhwat di Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

Kontribusi dalam bentuk bahan bangunan berupa semen diserahkan langsung Ketua IKBAR, Ustadz Firman Fabi, kepada Mudir AQC, Ustadz Muhammad Rusydi.

Ustadz Firman mengungkapkan, kontribusi alumni sangat penting untuk menjaga hubungan baik antara amuni dan ma'had. Alumni memegang peranan penting dalam memberikan kontribusi bagi kejayaan almamater.

AQC menjadi besar merupakan hasil dari kerjasama dari banyak elemen sebagai stakeholder, termasuk keberadaan alumnI, di bawah bimbingan KH Bachtiar Nasir.

"Maka, kontribusi kita sebagai keluarga besar AQC ini sebagai upaya mempererat tali silaturahmi dan ikatan emosional dengan ma'had dan kepada seluruh asatidz di ma'had ini," kata Ustadz Firman.

Pada kesempatan itu, IKBAR menyerahkan 80 sak semen untuk pembangunan asrama AQC Akhwat. Ditambah beberapa karung beras. Kontribusi tersebut berasal dari urunan para anggota IKBAR.

2 Komponen Kebaikan
Ustadz Rusydi menilai kontribusi IKBAR sangat penting untuk ma'had. Bukan perkara nominal, tapi kontribusi itu menjadi wadah untuk memperat hubungan para asatidz dengan para alumni yang sudah memiliki kesibukan masing-masing

"Kehadiran kalian di ma'had ini sudah sangat berarti,"kata Ustad Rusydi. Di sisi lain, beliau mewasiatkan agar IKBAR terus menyebarkan nilai-nilai kebaikan di tengah masyarakat.

Syiar kebaikan merupakan bekal yang diberikan saat masih berstatus santri. Setelah terjun di masyarakat, diharapkan para alumni menjadi dai yang terus menyampaikan dan mengajak kepada kebaikan.

"Allah SWT memerintahkan kita melakukan kebaikan. Kebaikan apa saja, asal dua kompnen penting terpenuhi. Ikhlasu Al-amali lillahi ta’ala dan mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW. Amal itu disebut amal shalih ketika dua komponen itu terpenuhi," tutur Ustadz Rusydi.

Setelah dua komponen itu terpenuhi, maka akan dinilai sebagai amal shalih. Amal shalih itulah yang akan menjadi bekal di akhirat kelak.

"Wa Ahsin, barulah itu menjadi sebuah ihsan, perbuatan yang baik, amal yang baik. Kama ahsanalllahu ilaik. Jangan melakukan amalan orientasinya bukan karena ahsanullahu ilaik. Bukan melakukan kebaikan karena ingin mendapatkan dipuji, ingin mendapatkan penghargaan. Kita melakukan kebaikan karena lebih banyak Allah melakuikan kebaikan kepada kita," tutur Ustadz Rusydi.

Berbuat baik merupakan wujud rasa syukur seorang hamba kepada Allah SWT. Allah telah melimpahkan begitu banyak karunia di muka bumi. Maka, seyogyanya seorang hamba mensyukuri karunia itu dengan menyebarkan kebaikan.

"Menjadi bagian rasa syukur kita kepada Allah SWT atas limpahan rasa syukur yang Allah berikan. Karena kalau kita melakukan amalan tapi dasarnya bukan kama ahsnaullahu ilaiki, muncullah penyakit p[enyakit hati di dalam diri," ungkap Ustadz Rusydi.



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 20 Juni 2024
Imsak
04:30
Shubuh
04:40
Dhuhur
11:58
Ashar
15:19
Maghrib
17:51
Isya
19:05
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan