Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 21 Juli 2024
home global news detail berita

Pesan Ustaz Adi Hidayat Kepada Mahasiswa Muslim Supaya Jadi Pemuda Idaman

tim langit 7 Rabu, 15 November 2023 - 13:00 WIB
Pesan Ustaz Adi Hidayat Kepada Mahasiswa Muslim Supaya Jadi Pemuda Idaman
Wakil Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Ustaz Adi Hidayat (UAH)
LANGIT7.ID-, Jogjakarta- - Wakil Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Ustaz Adi Hidayat (UAH) berpesan agar para mahasiswa mengembangkan kapasitas diri menjadi muslim dengan kualitas ulul albab.

Penekanan untuk memiliki kualitas ulul albab bagi mahasiswa, kata UAH penting agar mereka tumbuh menjadi manusia yang utuh selepas lulus dari kuliah. Sehingga dengan keutuhan itu mereka nantinya dapat berkontribusi maksimal sebagai warga bangsa maupun warga dunia.

“Jangan sampai anda, sebagai mahasiswa di universitas setelah lulus nanti tidak punya atau tidak bisa mengeksekusi ide dan gagasan. Persiapkan dari sekarang, apa yang dapat menjadi solusi untuk permasalahan di daerah masing-masing, di negara, dan di dunia,” pesannya.

Dalam Gerakan Sholat Subuh Berjamaah dan Tabligh Akbar di masjid K.H. Ahmad Dahlan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Ahad (12/11), UAH mengingatkan bahwa contoh ulul albab telah diteladankan oleh Nabi Muhammad SAW.

Baca juga:Biaya Haji 2024 Diusulkan Rp105 Juta, Begini Perinciannya

Nabi Muhammad Saw saat bangun tidur, jelas UAH selalu membaca Surat Ali Imran ayat 190 sampai 200, yang sebagian berisikan tanda-tanda bagi orang yang berakal.

“Bahkan semenjak bangun tidur, kita sudah dituntun oleh Rasulullah untuk membuktikan keimanan kita menjadi pribadi yang menggunakan akalnya. Itulah seorang ulul albab, yang dapat berperan sebagai seorang yang solutif dan mengerti esensi dari setiap peristiwa,” terangnya.

Di dalam Alquran sendiri, ulul albab disebut sebanyak 16 kali. Ulul albab digunakan untuk merujuk pada seorang muslim yang terus menggunakan akalnya dalam mencerna segala hal dengan kesadaran iman pada seluruh aktivitasnya dari bangun tidur sampai menjelang tidur kembali.

Menurut UAH, menjadi ulul albab adalah salah satu cara pembuktian iman yang kuat kepada Allah Swt. Karena selalu berpikir, cerdas, dan menjaga kesadaran iman, seorang ulul albab memiliki etos disiplin sehingga seluruh aktivitas hidupnya tidak mubazir, melainkan menjadi bermakna dan berpahala.

UAH menerangkan bahwa orang beriman sudah memiliki visi kehidupan yang panjang semenjak bangun tidur. Menurutnya, visi seseorang yang hanya berorientasi kepada diri sendiri masih terlampau pendek. Sebab orang beriman sudah merencanakan apa yang harus dia kerjakan yang pekerjaannya itu berdampak bagi orang di sekitarnya.

“Ini juga sebagai praktik keimanan kita dalam aktivitas kehidupan sehari-hari. Orang beriman, setelah ia bangun tidur sudah memiliki kurikulum kehidupan yang visioner bahkan hingga kehidupan akhirat, tidak hanya kehidupan dunia. Maka jika seseorang telah mengamalkan ayat-ayat dalam surat Ali Imran ini, tidak akan pernah ia menjadi sosok kecuali yang terbaik di bidangnya dan di zamannya,” jelasnya.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 21 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:03
Ashar
15:24
Maghrib
17:57
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan