Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Senin, 29 April 2024
home global news detail berita

Heboh Video Zulkifli Hasan, DPP JNK: Lecehkan Ibadah Shalat

tim langit 7 Selasa, 19 Desember 2023 - 22:00 WIB
Heboh Video Zulkifli Hasan, DPP JNK: Lecehkan Ibadah Shalat
Ketua DPP JNK, Nanang Firdaus Masduki.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Perkembangan politik akhir-akhir tidak mengarah pada pendidikan politik yang konstruktif. Sebaliknya, malah menjurus pada tindakan politik identitas yang destruktif.

DPP Jaringan Nasional Keumatan (JNK) menilai, salah satu pemicunya adalah beredarnya video Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang memberi kesan mempermainkan, bahkan melecehkan ritual agama Islam, yakni ibadah shalat.

Ketua DPP JNK, Nanang Firdaus Masduki mengatakan, Zulhas menggambarkan adanya kelompok yang dipengaruhi fanatisme salah satu paslon capres-cawapres saat menjalankan shalat tidak berani mengucapkan “Amin” ketika imam shalat selesai membaca Al-Fatihah.

Dia mengungkapkan, dalam tayangan video tersebut Zulhas juga menggambarkan sekelompok umat Islam yang saking fanatiknya terhadap salah satu paslon Capres-Cawapres, hingga tidak mau menjulurkan satu telunjuk jarinya saat tasyahhud (tahiyyat).

Baca juga:Pesan Buya Yahya untuk Para Capres: Hadirkan Pemilu Damai, Tolak Permusuhan Adu Domba

Alasannya, khawatir dikira mendukung paslon lainnya. Zulhas bahkan memperagakan alih-alih menjulurkan satu (telunjuk) jari, malah mengubahnya dengan menjulurkan dua jarinya.

"Apa yang terjadi dalam video yang diperankan oleh Zulhas itu harus dihentikan. Zulhas juga harus meminta maaf kepada umat Islam karena telah menodai sakralitas ibadah shalat," kata Nanang dalam keterangan tertulis kepada Langit7.id, Selasa (19/12/2023).

DPP JNK juga mengimbau kepada semua tokoh dalam musim politik ini tidak menarik-narik unsur agama menjadi komsumsi politik yang provokatif. Tujuannya agar tidak menyulut berkembangnya politik identitas di level masyarakat.

Jika politik identitas itu tersulut, maka bisa menimbulkan dampak sosial yang jauh lebih besar. Karena itu, DPP JNK mengimbau semua tokoh politik dapat berhati-hati dalam membuat pernyataan yang terkait dengan masalah agama agar stabilitas nasional tetap terjaga.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Senin 29 April 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:50
Isya
19:01
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan