Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 20 Juni 2024
home community detail berita

Operasi Sterilisasi untuk Kurangi Populasi dan Jaga Kesehatan Kucing

tim langit 7 Senin, 15 Januari 2024 - 12:00 WIB
Operasi Sterilisasi untuk Kurangi Populasi dan Jaga Kesehatan Kucing
Pemilik Klinik Hewan Mima Veterinary Care Mojokerto, Drh. Khalimatus Sadiyah (kanan) dan Dekan Fakultas Kedokteran Hewan UWKS, Drh Desty Apritya M.Vet (kiri)
LANGIT7.ID-, Surabaya- - Sebagai makhluk hidup kucing pun harus dijaga kesehatan dan kesejahteraan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah operasi sterilisasi di Rumah Sakit Hewan Pendidikan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS).

Sebanyak 100 ekor kucing, terdiri 70 jantan dan 30 ekor kucing betina menjalani operasi ini. Para pemilik kucing-kucing inipun rela antre demi hewan peliharaan kesayangannya dirawat dan diperiksa kesehatannya.

Salah satu pemilik kucing, Eni Purwandari, warga Sedati Sidoarjo, rela mengantre dan datang ke UWKS demi kucing kesayangan yang doberi nama Cleon umur satu tahun tersebut. Tak hanya satu, ibu berkerudung ini membawa enam ekor kucing untuk menjalani sterilisasi.

"Mumpung ada yang gratis di sini. Karena kalau di luar bayarnya cukup mahal," ujar Eni kepada MPI, Sabtu (13/1/2024). Dia pun merasa senang karena kucing betinanya tak lagi bisa hamil dan kucing jantannya tak bisa membuahi.

Dengan ikut operasi ini, dia tak harus mengeluarkan uang untuk memeriksakan semua kucingnya. Kucing-kucing yang dibawa Eni adalah kucing lokal yang dipelihara.

Menurut pemilik Klinik Hewan Mima Veterinary Care Mojokerto, Drh. Khalimatus Sa'diyah, kegiatan ini dilakukan karena permintaan masyarakat agar kucing-kucing piaraannya hidup sehat.

"Banyak yang meminta. kucing terlantar dan dibuang di pasar, tak diurus. Jadilah kita mengadakan kegiatan bakti sosial ini," ujar Khalimatus Sa'diyah yang merupakan dokter yang mengoperasi kucing-kucing tersebut.

Dia mengungkapkan, baksos ini melipatkan 24 dokter hewan dan 10 mahasiswa serta 10 relatan dari 1.000 Senyum.

Dekan Fakultas Kedokteran Hewan UWKS, Drh Desty Apritya M.Vet, menguatakan, baksi sosial di kampusnya rutin digelar. Setiap Januari mesti ada baksos untuk ternak sapi, kambing dan hewan lainnya. "Tahun ini kita lakukan operasi untuk kucing," ujarnya.

Menurut Desty, dengan operasi sterilisasi ini bisa menjadikan kesehatan dan kesejahteraan kucing makin terjamin. Dengan populasi kucing yang terkendali, suplai makan dan pemenuhan gizinya juga semakin terpenuhi.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 20 Juni 2024
Imsak
04:30
Shubuh
04:40
Dhuhur
11:58
Ashar
15:19
Maghrib
17:51
Isya
19:05
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan