Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 13 April 2024
home edukasi & pesantren detail berita

Mengapa Kuliah di Prodi Ekonomi Islam Unair? Prospek Kerja Luas dan Berkelanjutan

tim langit 7 Senin, 22 Januari 2024 - 14:00 WIB
Mengapa Kuliah di Prodi Ekonomi Islam Unair? Prospek Kerja Luas dan Berkelanjutan
Program S1 Ekonomi Islam di Unair saat telah memperoleh akreditasi unggul dari LAMEMBA, menggantikan BAN-PT. Foto/ist
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Surabaya- - Lulusan S1 Ekonomi Islam Universitas Airlangga (Unair) tidak hanya terletak pada pemahaman mengenai ekonomi dan bisnis secara umum. Tetapi juga pemahaman mendalam mengenai prinsip ekonomi Islam.

Hal itu menjadi nilai tambah yang signifikan, mengingat jumlah masyarakat muslim sangat besar di dunia. Dengan industri halal serta ekonomi dan keuangan syariah yang semakin berkembang, peluang lulusan untuk bekerja di sektor umum yang sesuai dengan prinsip Islam atau di industri syariah juga semakin luas.

Ketua Program Studi Ekonomi Islam Unair Bayu Arie Fianto SE MBA Ph D mengatakan, program S1 Ekonomi Islam di Unair saat telah memperoleh akreditasi unggul dari LAMEMBA, menggantikan BAN-PT.

Selain itu juga mendapatkan akreditasi tertinggi dari FIBAA Jerman dengan status premium seal secara internasional dan akreditasi dari ABEST21 Jepang.

Unair juga telah menyediakan S1 Ekonomi Islam IUP (International Undergraduate Program) yang kini telah menjalin kerja sama double degree dengan Section University di Belanda.

Baca juga:Inovasi Mahasiswa ITS: Hasilkan Energi Bersih dari Limbah Kaleng Aluminium

Selain itu, dalam student mobility, baru-baru ini datang 9 mahasiswa dan 1 dekan dari New Zealand untuk mengikuti summer school dengan topik Ketahanan Pangan (Food Security), Keberlanjutan (Sustainability), dan Keuangan Islam (Islamic Finance) .

“Dengan demikian, mahasiswa dari berbagai negara juga belajar tentang ekonomi Islam di UNAIR. Selain kunjungan dari University Malaya, Turki, Thailand, dan Filipina, UNAIR mengirimkan mahasiswa untuk mengambil satu semester di Deacon University. Pada tahun 2023, empat mahasiswa S1 Ekonomi Islam yang diterima di IISMA dikirimkan ke Polandia, Jerman, Australia, dan Malaysia,” ujar Bayu.

Fleksibilitas Studi dan Peluang Karir
Durasi program S1 Ekonomi Islam di Unair umumnya berlangsung selama 8 semester atau 4 tahun. Tetapi, terdapat fleksibilitas untuk menyelesaikannya dalam waktu 3,5 tahun.

Program Fast Track juga memungkinkan mahasiswa untuk langsung melanjutkan ke S2 dengan tambahan waktu 1 tahun, membuka peluang pencapaian karir yang lebih cepat.

Bayu Arie juga menjelaskan, mahasiswa dapat mengikuti Magang Belajar Kemahiran Mandiri (MBKM) dari kementerian dan sebagian besar dari mereka memilih melakukan magang di berbagai tempat.

Mulai Microsoft hingga Bank Syariah dan perusahaan multinasional lainnya. Inisiatif magang juga berasal dari S1 Ekonomi Islam sendiri, termasuk di Bank Jatim Syariah, Fintech Syariah Alami, dan Gerakan Wakaf Indonesia.

“Dengan beragam peluang magang ini, sekitar 300 mahasiswa dikirimkan untuk magang tahun lalu, termasuk sekitar 200 mahasiswa yang magang di perusahaan umum dan perusahaan syariah, dan hasilnya dikonversi ke mata kuliah yang ada di S1 Ekonomi Islam,” tambahnya

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 13 April 2024
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
11:57
Ashar
15:14
Maghrib
17:56
Isya
19:05
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan