Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 25 Februari 2024
home lifestyle muslim detail berita

Pelukan Hangat Anies Baswedan dan Cak Imin Punya Segudang Manfaat Kesehatan, Simak Yuk!

esti setiyowati Senin, 22 Januari 2024 - 15:00 WIB
Pelukan Hangat Anies Baswedan dan Cak Imin Punya Segudang Manfaat Kesehatan, Simak Yuk!
Capres nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan memberikan pelukan hangat kepada cawapres Muhaimin Iskandar atau Cak Imin usai acara debat Pilpres 2024 di Jakarta, Ahad (21/1/2024)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan memberikan pelukan hangat kepada calon wakil presiden (cawapres) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin usai acara debat Pilpres 2024 di Jakarta, Ahad (21/1/2024) malam.

Tampak Anies menghampiri dan merangkul Cak Imin hingga keduanya berpelukan erat.

Sontak pemandangan ini pun membuat hangat timeline media sosial. Bahkan, ada fakta menarik yang disuguhkan warganet bahwa momen pelukan Anies dan Cak Imin itu berbarengan dengan Hari Pelukan Nasional yang jatuh tiap 21 Januari.

Melansir Healthline, berpelukan ternyata memiliki manfaat kesehatan, di antaranya mengurangi rasa takut, stres, juga rasa sakit. Berikut penjelasannya.

Baca juga:3 Cawapres Paparkan Strategi agar Warga Desa Minat Tinggal di Desa

1. Mengurangi tingkat stres

Berpelukan disebut dapat menekan stres karena tindakan itu sama dengan menunjukkan dukungan pada teman atau anggota keluarga yang tengah ditimpa masalah.

Para ilmuwan mengatakan bahwa memberikan dukungan kepada orang lain melalui sentuhan dapat mengurangi stres orang yang dihibur. Bahkan bisa mengurangi stres orang yang melakukan penghiburan.

2. Melindungi dari penyakit

Efek berpelukan yang dapat mengurangi stres membuat Anda menjadi lebih sehat.

Dalam sebuah penelitian terhadap lebih dari 400 orang dewasa, peneliti menemukan bahwa berpelukan dapat mengurangi kemungkinan seseorang sakit.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat lain dari berpelukan adalah baik untuk kesehatan jantung. Sebuah penelitian membuktikan pasangan yang bergandengan tangan 10 menit dan berpelukan selama 20 detik menunjukkan penurunan tekanan darah dan detak jantung lebih besar dibanding orang yang hanya duduk diam dalam waktu yang sama.

Temuan ini membuktikan, hubungan penuh kasih sayang mungkin dapat mempengaruhi kesehatan jantung.

4. Membuat lebih bahagia

Oksitosin adalah bahan kimia dalam tubuh yang terkadang disebut para ilmuwan sebagai 'hormon pelukan'.

Kadar oksitosin akan meningkat saat berpelukan, bersentuhan atau duduk dekat dengan orang lain. Bahan kimia ini juga dikaitkan dengan kebahagiaan dan berkurangnya stres.

Sebuah penelitian menemukan bahwa manfaat positif oksitosin paling kuat terjadi pada wanita yang memiliki hubungan lebih baik dan lebih sering berpelukan dengan pasangan romantisnya. Wanita juga melihat efek positif oksitosin ketika menggendong erat bayinya.

5. Mengurangi rasa takut

Para ilmuwan menemukan bahwa sentuhan dapat mengurangi kecemasan pada orang yang memiliki kepercayaan diri rendah. Sentuhan juga dapat mencegah orang mengasingkan diri ketika diingatkan akan kematiannya.

6. Mengurangi rasa sakit

Penelitian menunjukkan beberapa bentuk sentuhan dianggap mampu mengurangi rasa sakit.

Dalam sebuah penelitian, penderita fibromyalgia menjalani enam perawatan sentuhan terapeutik. Setiap perawatan melibatkan sentuhan ringan pada kulit. Para peserta melaporkan peningkatan kualitas hidup dan berkurangnya rasa sakit.

Memeluk adalah bentuk sentuhan lain yang dapat membantu mengurangi rasa sakit.

7. Membantu untuk berkomunikasi dengan orang lain

Umumnya komunikasi manusia terjadi secara verbal atau melalui ekspresi wajah. Namun sentuhan adalah cara penting lainnya agar orang dapat mengirim pesan satu sama lain.

Para ilmuwan menemukan bahwa orang asing mampu mengekspresikan berbagai macam emosi kepada orang lain dengan menyentuh bagian tubuh yang berbeda.

Beberapa emosi yang diungkapkan antara lain kemarahan, ketakutan, jijik, cinta, syukur, kebahagiaan, kesedihan, dan simpati. Memeluk adalah jenis sentuhan yang sangat nyaman dan komunikatif.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 25 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:09
Ashar
15:16
Maghrib
18:16
Isya
19:26
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan