Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 25 Februari 2024
home global news detail berita

Wanita Gaza Ini Tahan Sakit dengan Baca Qur'an Saat Diamputasi Tanpa Anestesi

Muhajirin Selasa, 23 Januari 2024 - 15:30 WIB
Wanita Gaza Ini Tahan Sakit dengan Baca Qur'an Saat Diamputasi Tanpa Anestesi
AHed Bseiso,, wanita Gaza ini tahan sakit dengan baca Quran saat diamputasi tanpa anestesi.
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Hani Bseiso, seorang dokter di Jalur Gaza harus mengambil keputusan menyakitkan saat keponakannya, A'Hed Bseiso, terluka terkena tembakan militer Israel di rumahnya di Kota Gaza, Jalur Gaza utara.

Pasalnya, Hani harus mengamputasi kaki atau mengambil risiko keponakannya mengalami pendarahan hingga meninggal. Amputasi darurat terpaksa dilakukan karena tidak dapat mencapai rumah sakit terdekat.

Amputasi dilakukan dengan hanya menggunakan gunting dan kain kasa yang ada di tas medisnya. Hani pun melakukan operasi darurat tanpa bius.

Meski begitu, dia berhasil menghilangkan bagian bawah kaki kanan AHed Bseiso dalam operasi yang dilakukan di meja dapur tanpa menggunakan obat bius untuk mengurangi rasa sakit.

Rekaman video kasar yang menjadi viral di Instagram menunjukkan Bseiso menyeka tunggul kaki kanannya yang berdarah saat dia berbaring di atas meja.

Salah satu saudara laki-lakinya menjaga posisinya. Sementara yang lain memegang dua ponsel untuk memberikan penerangan yang lebih baik untuk prosedur darurat.

Melansir dari dailymail, rumah tersebut hanya berjarak 1,1 mil (1,8 km) dari rumah sakit Al-Shifa di Gaza.

Biasanya hanya membutuhkan waktu enam menit berkendara atau 25 menit berjalan kaki untuk sampai ke sana.

Namun Bseiso mengatakan saat ini tembakan Israel terjadi sangat intens di daerah tersebut, sehingga terlalu berbahaya untuk ke rumah sakit.

"Sayangnya, saya tidak punya pilihan lain. Pilihannya adalah saya membiarkan gadis itu mati atau mencoba semampu saya,” kata Hani Bseiso, dikutip Reuters, Selasa (23/1/2024).

Terbaring di tempat tidur beberapa minggu setelah amputasi, A'Hed Bseiso mengaku menemukan sebuah tank Israel di dekat rumahnya ketika dia pergi ke luar sekitar pukul 10:30 untuk mendapatkan sinyal agar menelepon ayahnya, yang tinggal di luar negeri.

Dia ingat saudara perempuannya masuk ke dalam dan menutup tirai rumah kalau-kalau rumah itu ditembaki. Tak lama setelah itu, gedung itu diserang dan dia terluka, tambahnya.

Dia menyadari bahwa kakinya tidak terasa sakit ketika anggota keluarganya mencoba membantunya dengan mengeluarkan pecahan peluru.

"Mereka menempatkan saya di meja makan. Tidak ada peralatan medis. Paman saya melihat spons yang kami gunakan untuk membersihkan piring, kawat, cairan pembersih, dan klorin (disinfektan)," katanya.

"Dia mengambilnya dan mulai menggosok kakiku. Dia mengamputasi kaki saya tanpa anestesi dan tanpa apa pun di rumah."

Ketika ditanya bagaimana dia menahan rasa sakit, dia menjawab: "Saya hanya mengucapkan 'Terima kasih kepada Allah' dan membaca Al-Qur'an. Syukurlah, saya tidak merasakan apa-apa tapi tentu saja ada rasa sakit, pemandangan dan keterkejutan."

Dia telah menjalani operasi lebih lanjut di rumah sakit untuk mengobati luka yang diterimanya.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 25 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:09
Ashar
15:16
Maghrib
18:16
Isya
19:26
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan