Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 13 Juli 2024
home global news detail berita

UAH: Narasi Ambil Uangnya Jangan Coblos Orangnya Sama Saja Sogok

Muhajirin Kamis, 08 Februari 2024 - 07:00 WIB
UAH: Narasi Ambil Uangnya Jangan Coblos Orangnya Sama Saja Sogok
Wakil Ketua I Majelis Tabligh PP Muhammadiyah, Ustadz Adi Hidayat.
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Wakil Ketua I Majelis Tabligh PP Muhammadiyah, Ustadz Adi Hidayat (UAH), mengajak masyarakat untuk tidak mempraktikkan narasi "Ambil Uangnya jangan coblos orangnya". Menghalalkan praktik demikian sama saja melegalkan sogok-menyogok di tengah masyarakat.

“Saya tidak sepakat dengan itu. Tinggalkan uangnya tinggalkan orangnya. Maka mulailah kita dengan etik yang benar,” kata UAH dalam tausiahnya yang disiarkan secara daring, Senin (5/2/2024).

UAH mengutip sebuah hadits dari Abu Bakar RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sebagaimana karakter kamu itu dikirimkanlah kemudian karakter yang sama yang memimpin kamu.”

Maksud hadits tersebut,saat rakyat terbiasa menerima sogokan atau suapaan, maka itu akan melahirkan pemimpin yang memiliki karakter demikian.

“Siapapun yang nanti jadi perwakilan, legislatif kah eksekutif kah, nanti tidak akan jauh sifat-sifatnya,” ujar UAH.

Maka itu, dia menegaskan kepada masyarakat untuk menanamkan nilai-nilai etika dalam melaksanakan Pemilu 2024. Itu agar Pemilu melahirkan pula pemimpin yang berintegritas dan tidak mudah korupsi.

"Itu sudah sangat mengkhawatirkan. Jangan sampai menimpa umat Islam. Hal ini dapat meruntuhkan kehormatan. Kemudian juga bisa menghadirkan sesuatu yang tidak baik di masa depan,” tutur UAH.

“Jika masyarakat gemar menerima yang seperti itu, jangan berharap sesuatu yang baik terjadi di masa depan,” sambung UAH.

Menurut dia, praktik tersebut merupakan penyebab kondisi kehidupan berbangsa bernegara itu menjadi tidak baik dan tidak stabil.

"Mari kita menyatukan persatuan dan kedamaian. Dalam konteks bersaing dengan cara yang baik tanpa harus mencela,” ungkap UAH.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 13 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:02
Ashar
15:23
Maghrib
17:55
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan