Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 21 Juli 2024
home sports detail berita

10 Pebalap Remaja Lolos Seleksi Sekolah Balap Honda

esti setiyowati Sabtu, 10 Februari 2024 - 17:00 WIB
10 Pebalap Remaja Lolos Seleksi Sekolah Balap Honda
i10 pebalap remaja lolos seleksi sekolah balap Honda.Foto/ilustrasi
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Sepuluh pebalap muda dari berbagai daerah di Indonesia lolos menjadi siswa Astra Honda Racing School (AHRS) 2024. Kesepuluhnya melalui proses seleksi yang ketat untuk dapat berkompetisi di berbagai ajang balap internasional.

Tercatat ada 102 calon pebalap muda mendaftar pada seleksi awal tahun ini. Dalam tahap seleksi awal, 48 calon peserta dari 16 provinsi terpilih mengikuti proses seleksi penerimaan siswa AHRS.

Setelahnya, mereka berkompetisi secara ketat menunjukkan kemampuannya untuk dapat menimba ilmu balap di AHRS di Astra Honda Safety Riding & Training Center Deltamas, Jawa Barat pada Rabu (7/2/2024) lalu.

Di seleksi pertama, tersaring 24 pebalap yang telah diuji dan dinilai berdasarkan kemampuan riding position, braking, racing line, cornering, body movement, dan spatial awareness.

Kemudian, calon siswa yang lolos mengikuti seleksi kedua yang menguji catatan waktu terbaik. Di tahap ini terpilih 16 pebalap yang kembali diuji di seleksi akhir untuk melihat kemampuannya beradaptasi di lintasan baru.

Pada setiap fase seleksi, para pebalap dievaluasi konsistensi dan durabilitasnya sehingga dapat dinilai berdasarkan performa terbaiknya.

Setelah keseluruhan seleksi dilakukan terpilih 10 pebalap muda potensial yang terpilih menjadi siswa AHRS, yaitu Sean Delbert Jeremia Warikar (Biak), Gerlado Tristan Regan (Samarinda), Davino Britani (Tangerang), Alvaro Yakha Nanta (Tulungagung), Bintang Pranata Sukma (Tangerang), Satria Tegar Bijaksana (Sleman), M Maulana Malik Ibrahim (Sampang), Resky Yusuf Hermawan (Semarang), Juna Oktavia Putra (Bandung), dan Mohammad Akbar Navezza (Bandung).

“Saya sangat senang dapat lolos seleksi dan bergabung di Astra Honda Racing School 2024. Saya juga merasa bangga karena berasal dari Biak, Papua, salah satu daerah terjauh dibanding teman-teman yang mengikuti seleksi ini. Semoga saya bisa belajar banyak dari Astra Honda Racing School dan tentunya dapat lebih baik lagi dalam mengukir prestasi, ” ujar Sean Delbert Jeremia Warikar.

Proses seleksi ini menjadi semakin spesial karena Gerry Salim, pebalap lulusan AHRS yang berhasil mencetak ragam prestasi membanggakan untuk Indonesia hingga tampil dalam balapan Grand Prix, turut serta dalam proses seleksi untuk memastikan hanya yang terbaik yang terpilih.

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM, Andy Wijaya menyampaikan AHRS menjadi pondasi kuat pada program pembinaan balap berjenjang yang dilakukan AHM dalam membina mental, kemampuan, dan fisik calon pebalap muda Indonesia.

"Di Astra Honda Racing School, kami bukan hanya membentuk pebalap berprestasi, tetapi juga mengukir kisah-kisah gemilang di lintasan. Melalui program pembinaan kelas dunia ini, kami berkomitmen memberikan bekal terbaik bagi generasi muda Indonesia untuk meraih mimpi mereka di panggung balap internasional. Setiap langkah, setiap latihan, dan setiap pengalaman adalah bagian dari perjalanan luar biasa menuju kesuksesan untuk Indonesia," ujar Andy dalam keterangan resmi, dikutip Langit7, Sabtu (10/2/2024).

Selain fokus pada latihan skill di lintasan balapan saja, pelatihan AHRS juga memberi pembekalan pengetahuan dasar balap kepada para siswa sebagai modal utama.

Ilmu yang diberikan meliputi manajemen balap, serta komunikasi dengan tim dan publik.

Untuk latihan harian, para siswa AHRS tahun ini kembali menggunakan NSF100 yang dikombinasikan dengan CRF150R untuk mengasah kemampuan kontrol kecepatan.

Sementara untuk mendukung performa balap, para siswa juga akan dimentori oleh instruktur balap nasional.

Di sisi lain, AHM kembali menyelenggarakan program latihan yang komprehensif pada tahun ini.

Dalam kegiatan camp selama empat hari di AHM Safety Riding Park, para siswa mendapatkan pelatihan fisik, mengendarai motor trail di arena flat track, dan diuji mentalnya melalui Honda Dream Cup.

Hal ini merupakan langkah dalam membentuk mindset dan perilaku dengan mentalitas dasar yang tangguh. Sebagai atlet muda, siswa AHRS mendapatkan peningkatan standar secara fisik dengan latihan yang mengadopsi gaya latihan para pebalap hebat kelas dunia dari Benua Eropa. Mereka dilatih dalam berbagai pola di bawah bimbingan trainer profesional.

AHRS telah membuktikan kesuksesannya sejak tahun 2010 dengan meluluskan ratusan pebalap yang kini bersaing di ajang balap Asia dan dunia.

Alumni terkenal seperti Veda Ega Pratama, Mario Suryo Aji, Fadillah Arbi Aditama, Andi Farid Izdihar, dan Gerry Salim, yang merupakan lulusan AHRS, terus mengharumkan nama Indonesia di panggung internasional.

Menjadi pilar dalam kontribusi perusahaan, AHRS terus memantapkan posisinya menjadi sarana pembinaan balap terbaik di Indonesia

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 21 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:03
Ashar
15:24
Maghrib
17:57
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan