Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 21 Juli 2024
home lifestyle muslim detail berita

Gondongan Banyak Diidap Anak, Kenali Gejala dan Cara Mencegahnya

tim langit 7 Rabu, 21 Februari 2024 - 18:00 WIB
Gondongan Banyak Diidap Anak, Kenali Gejala dan Cara Mencegahnya
ilustrasi
LANGIT7.ID-, Surabaya- - Gondongan adalah penyakit menular yang disebabkan infeksi virus. Infeksi biasanya menyerang kelenjar parotis (kelenjar yang memproduksi air liur) sehingga memicu pembengkakan.

Gejala umum saat seseorang mengalami gondongan adalah pembengkakan pada pipi dan rahang. Gondongan terjadi ketika kelenjar ludah terinfeksi oleh virus paramyxovirus yang sangat menular.

“Virus gondok bisa menyebar melalui kontak dengan cairan dari mulut, hidung, dan tenggorokan saat anak yang terinfeksi batuk, bersin, atau berbicara. Virus juga bisa hidup di permukaan seperti gagang pintu, peralatan makan, dan cangkir minum,” ujar Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UM Surabaya Dede Nasrullah

Menurut Dede, tanda dan gejala yang sering terjadi pada anak biasanya akan terlihat 16-18 hari setelah terpapar virus. Gejalanya meliputi demam hingan 38 derajat celcius, sakit kepala, penurunan nafsu makan pada anak, nyeri dan bengkak pada kelenjar ludah terutama dibagian rahang, sakit semakin parah pada saat mengunyah.

Baca juga:4 Langkah yang Harus Dilakukan Orang Tua saat Tahu Anak Jadi Pelaku Bullying

Ada beberapa cara untuk mencegah gondokan. Pertama yang paling efektif harus dilakukan memberikan imunisasi MMR pada anak. Imunisasi gondok adalah imunisasi yang diberikan kepada anak sejak bayi.

Kedua, selain memberikan imunisasi, ada langkah lain untuk membantu mencegah penyebaran gondongan, seperti menjauhkan anak dari anak lain yang sedang mengalami penyakit gondongan selain itu juga mengajarkan anak untuk rutin mencuci tangan dan menjaga kebersihan diri.

“Ketiga jika anak sudah terkena gondongan maka istirahatkan, karena infeksi gondongan ini menyebabkan kelelahan sehingga pastikan anak mendapatkan istirahat yang cukup,”imbuhnya lagi.

Keempat, berikan cairan yang cukup pada anak agar tidak terjadi dehidrasi meskipun jumlahnya kecil asalkan sering dikarenakan godongan ini dapat menyebabkan dehidrasi.

Kelima, meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak melalui makanan probiotik seperti sayuran, yogurt, kaldu, sup dll.

Keenam, berikan kenyamanan di area wajah dan leher sebab saat gondongan bagian bawah wajah dan leher akan terasa sakit atau tidak nyaman karena pembengkakan.

“Terakhir berikan obat pereda nyeri, beberapa obat penurun demam juga efektif untuk meredakan nyeri pada anak yang sedang gondongan akan tetapi perlu dikonsultasikan lebih lanjut ke dokter anak jika ada keluhan dan mendapatkan penanganan yang tepat,” pungkasnya.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 21 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:03
Ashar
15:24
Maghrib
17:57
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan