Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 21 Juli 2024
home wisata halal detail berita

5 Tips Penting saat Traveling di Bulan Ramadhan

esti setiyowati Jum'at, 15 Maret 2024 - 05:00 WIB
5 Tips Penting saat Traveling di Bulan Ramadhan
ilustrasi
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Saat sedang berpuasa Ramadhan, bepergian untuk bekerja atau melancong tetap bisa dilakoni. Bahkan, jalan-jalan dapat membuat puasa tambah semangat sehingga tak terasa sudah mendekati waktu berbuka.

Namun, ada sebagian orang memilih untuk tidak bepergian lantaran khawatir dapat menyebabkan haus dan lapar yang berujung membatalkan puasa.

Aplikasi AirAsia Move, dalam siaran persnya, Kamis (14/3/2024) membagikan lima hal penting yang perlu diperhatikan agar agenda bepergian tidak mengganggu ibadah puasa.

Baca juga:Manjakan Wisatawan, NEOM Luncurkan Tempat Rekreasi Penggemar Golf

1. Pilih jadwal penerbangan yang sesuai

AirAsia Move menyarankan memilih jadwal keberangkatan setelah waktu berbuka dan jadwal kedatangan sebelum sahur. Opsi lainnya, pilih penerbangan dengan jadwal setelah sahur dan kedatangan menjelang waktu berbuka.

Saat melakukan penerbangan jarak jauh, penumpang bisa melihat matahari terbenam. Awak kabin yang bertugas juga dapat membantu penumpang memastikan jam berbuka puasa.



2. Buat daftar restoran halal

Pastikan untuk mencari dan membuat daftar restoran halal terdekat dari lokasi penginapan atau kegiatan.

Meminimalisir risiko antre jelang berbuka puasa, sebaiknya pesan tempat di restoran tersebut melalui aplikasi seperti AirAsia Move.

3. Siapkan camilan dan air minum

Saat bepergiaan, terkadang Anda berada dalam situasi sulit menemukan restoran terdekat untuk sahur atau berbuka puasa.

Mengantisipasi hal itu, Anda dapat membawa minuman dan makanan ringan sendiri agar ibadah puasa tetap berjalan lancar.

4. Akomodasi ramah puasa

Ketika merencanakan perjalanan, pilihlah akomodasi yang dapat mendukung ibadah pada bulan puasa, seperti adanya fasilitas mushola dan ketersediaan menu untuk sahur dan berbuka puasa.

5. Masjid terdekat

Sebagai muslim, ibadah shalat jangan sampai ditinggalkan. Saat menyusun rencana perjalanan, selalu masukkan lokasi masjid terdekat di setiap tujuan supaya bisa menjalankan shalat lima waktu.



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 21 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:03
Ashar
15:24
Maghrib
17:57
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan