Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 14 Juni 2024
home global news detail berita

Wapres Tekankan Puasa adalah Ibadah Spesial

nabil Kamis, 21 Maret 2024 - 15:39 WIB
Wapres Tekankan Puasa adalah Ibadah Spesial


LANGIT7.ID-, Jakarta- - Wakil Presiden (wapres) K.H. Ma’ruf Amin memberikan tausiah kepada jamaah Masjid Al-Kautsar, Jl. H. Abdul Silondae, Mandonga, Kec. Mandonga, Kota Kendari, mengenai puasa adalah ibadah yang spesial.

Tausiah tersebut disampaikan oleh wapres saat dirinya berkunjung ke Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (20/03/2024), dimana selepas Salat Isya, Wapres yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini didaulat memberikan tausiah yang mengangkat nilai dan hikmah dari ibadah puasa dalam bulan suci Ramadan.

“Semua amal ibadah itu untuk manusia. Kecuali puasa, itu untuk saya, kata Allah. Dan saya yang akan membalasnya,” ujar Wapres mengutip sebuah hadits qudsi, yang dikutip Kamis (21/3/2024).

“Apakah yang lain tidak dibalas, yang lain dibalas oleh Allah. Cuma puasa itu spesial. Balasannya itu besar sekali, “ tambahnya.

Lebih jauh Wapres menjelaskan berapa banyak pahala yang didapat manusia yang membuat puasa menjadi sangat spesial.

“Jadi pahala itu ada yang dibalas dengan sepuluh kali. Ada yang dibalas dengan tujuh ratus kali. Ada yang dibalas tanpa hitung-hitungan, [yaitu] puasa ini. Kata Allah, bukan sepuluh, bukan tujuh ratus, Tapi tidak ada hingganya,” tutur Wapres.

Dalam tausiahnya, ia juga menekankan bahwa puasa bukan sekadar menahan lapar dan haus, tetapi juga merupakan latihan kejujuran dan kesabaran.

“Semua ibadah yang diajarkan dalam Islam punya makna, punya hikmah, punya nilai, dan punya dampak,” ujarnya.

“Puasa juga melatih kita menjadi orang yang sabar. Orang puasa itu kan sabar sekali, walaupun [waktu berbuka] tinggal 5 menit harus ditunggu,” sambungnya.

Ia menambahkan bahwa puasa mengajarkan kesabaran dalam menghadapi berbagai ujian kehidupan, baik sebagai individu maupun sebagai masyarakat. Sebagai hamba Allah, manusia juga harus bersabar dan tidak mengeluh kepada manusia, tetapi hanya kepada Allah SWT.

“Sabar ini penting, apalagi di dalam menghadapi berbagai masalah. Hidup itu tidak selalu jaya, kadang-kadang hidup itu kayak roda, kadang di atas, kadang di bawah,” ungkapnya.

Wapres menyebutkan, dunia oleh ulama disebut sebagai tempat lewat yang penuh ujian, yang terminal akhirnya adalah akhirat. Dengan berpuasa, diharapkan manusia dapat melatih kesabaran sehingga ujian apapun yang diberikan Allah akan dapat dilewati.

Namun Wapres menyayangkan, banyak orang berpuasa tetapi tidak mendapatkan apa-apa kecuali hanya lapar dan haus.

“Banyak orang puasa, puasanya tidak mendapat apa-apa. Tidak berdampak apa-apa. Tidak [mendapat] pahala ataupun dampak personal ataupun dampak sosialnya, kecuali hanya dapat lapar dan haus saja,” ungkapnya.

Untuk itu, Wapres berharap, semangat dan hikmah puasa ini akan membawa dampak positif tidak hanya bagi diri pribadi, tetapi juga bagi masyarakat dan negara secara keseluruhan.

(lam)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 14 Juni 2024
Imsak
04:29
Shubuh
04:39
Dhuhur
11:57
Ashar
15:17
Maghrib
17:49
Isya
19:03
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan