Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 13 April 2024
home lifestyle muslim detail berita

Produk Halal Pengaruhi Kesehatan Jasmani dan Rohani

tim langit 7 Sabtu, 23 Maret 2024 - 15:00 WIB
Produk Halal Pengaruhi Kesehatan Jasmani dan Rohani
Podcast Halal dan Kesehatan Jasmani & Rohani dengan narasumber yang hadir adalah Ketua Pusat Halal Unair, Dr Abdul Rahem MKes dan Ketua BPBRIN UNAIR, Prof Dr Muhamad Nafik Hadi Ryandono SE M.Si.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Surabaya- - Halal bukan lagi menjadi kebutuhan para muslim, melainkan juga seluruh manusia. Kehalalan sesuatu turut menentukan kesehatan, baik jasmani dan rohani.

Topik ini menjadi tema yang diangkat di podcast bertema “Halal dan Kesehatan Jasmani & Rohani”. Narasumber yang hadir adalah Ketua Pusat Halal Unair, Dr Abdul Rahem MKes dan Ketua BPBRIN UNAIR, Prof Dr Muhamad Nafik Hadi Ryandono SE M.Si.

Abdul Rahem mengatakan, kesehatan seseorang didukung oleh berbagai hal. Namun, kehalalan menjadi faktor yang berperan besar dalam menentukan hal tersebut.

“Sehat secara rohani memang didukung oleh kebahagiaan. Namun, kebahagiaan yang hakiki bukan karena semata kita kaya. Melainkan, jika hubungan kita dengan sang pencipta dan makhluk lain baik,” tuturnya.

Baca juga:Puasa Ramadhan Mengandung Lima Pelajaran

Menurutnya, jika seseorang memiliki ikatan yang baik dengan sang pencipta, maka seseorang tersebut akan mampu menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Salah satunya adalah perintah menjauhi yang haram. Di mana sesuatu yang haram jika dikonsumsi akan lebih banyak memunculkan keburukan daripada kebaikan bagi kesehatan.

Maka dari itu, sertifikasi halal sangat dibutuhkan dalam berbagai aspek kehidupan. “Perlunya sertifikasi halal karena sekarang banyak sesuatu yang haram tapi seakan terlihat halal. Misalnya saja tulang babi yang sekarang bisa diproduksi menjadi berbagai produk lain seperti gelatin, kalsium, dll. Produk-produk ini yang terkadang luput dari perhatian masyarakat,” ungkapnya.



Prof Nafik mengatakan life style halal kini tidak hanya dianut para muslim saja, melainkan juga seluruh umat manusia. “Halal ini menjadi tuntutan dan kebutuhan untuk bisa hidup sehat secara jasmani dan rohani. Indonesia sebagai negara muslim terbesar harus menjadi produsen produk halal. Tidak hanya menjadi konsumen,” ungkap Ketua BPBRIN Unair.

Bagi Nafik, tren halal juga memiliki keuntungan ekonomi tersendiri. Walaupun produk yang bersertifikasi halal memiliki harga yang lebih mahal, namun kualitasnya menjamin kesehatan jangka panjang. Ini mengapa produk halal memiliki kualitas yang lebih terjamin daripada produk non halal.



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 13 April 2024
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
11:57
Ashar
15:14
Maghrib
17:56
Isya
19:05
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan