Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 16 April 2024
home edukasi & pesantren detail berita

Tips Produktif dan Semangat Kuliah Meski Puasa

tim langit 7 Kamis, 28 Maret 2024 - 13:00 WIB
Tips Produktif dan Semangat Kuliah Meski Puasa
ilustrasi
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Surabaya- - Ramadhan, sebagai bulan suci umat Islam memegang makna mendalam bagi umat Muslim di seluruh dunia. Bagi mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) bulan ini bukan hanya merupakan waktu untuk mengejar ketakwaan spiritual, tetapi juga menghadirkan tantangan tersendiri dalam menjalani aktivitas belajar sehari-hari.

Menjaga semangat belajar dan produktivitas selama bulan puasa memang bukan hal yang mudah. Tuntutan ketekunan dan disiplin yang tinggi diperlukan agar tetap dapat fokus pada pembelajaran.

Namun demikian, dengan adanya beberapa tips yang tepat (dikutip dari laman resmi Unusa), mahasiswa dapat menghadapi tantangan ini dengan lebih mudah dan tetap menjaga kualitas pembelajaran.

Baca juga:Alhamdulillah! 70 Persen Siswa SMA Khadijah Surabaya Lolos PTN Jalur SNBP 2024

1. Tentukan prioritas dan atur waktu dengan bijak.

Penting untuk memiliki jadwal belajar yang teratur dan efisien. Dengan merencanakan waktu belajar sesuai dengan jadwal sahur, berbuka, dan waktu-waktu istirahat selama puasa, mahasiswa dapat memaksimalkan produktivitas mereka tanpa mengorbankan kualitas istirahat dan ibadah selama bulan Ramadhan.

2. Jaga kesehatan tubuh dan tidur yang cukup.

Pola makan yang seimbang juga merupakan hal yang krusial. Meskipun berpuasa, mahasiswa perlu memastikan bahwa mereka mendapatkan asupan gizi yang cukup saat sahur dan berbuka agar tetap bugar dan mampu berkonsentrasi selama proses belajar.



3. Manfaatkan waktu luang dengan produktif.

Di antara waktu-waktu beribadah dan berbuka puasa, ada waktu luang yang dapat dimanfaatkan dengan produktif. Selain itu, penting untuk memanfaatkan teknologi dan sumber daya yang ada. Dengan adanya perkembangan teknologi, mahasiswa dapat memanfaatkan platform pembelajaran online dan aplikasi produktivitas untuk memudahkan akses materi pembelajaran dan mengatur jadwal belajar mereka.

4. Jaga kesehatan mental dan berbagi pengalaman dengan teman.

Jangan abaikan kesehatan mental kamu. Jika merasa stres atau tertekan dengan tugas-tugas kuliah atau ujian, jangan ragu untuk mencari bantuan dari teman, keluarga, atau konselor di kampus. Tetaplah berkomunikasi dengan orang-orang terdekat dan jangan biarkan tekanan belajar mengganggu kesehatan mental kamu.

5. Perkuat spiritualitas.

Tidak kalah pentingnya adalah menjaga keseimbangan antara ibadah dan pembelajaran. Bulan Ramadhan merupakan waktu yang tepat untuk meningkatkan kualitas ibadah, namun mahasiswa juga perlu menyadari pentingnya mencapai prestasi akademis yang baik. Dengan menjaga keseimbangan antara kedua hal tersebut, mahasiswa dapat meraih kesuksesan baik dalam ibadah maupun studi mereka.

6. Jangan lupakan tujuan akhir!

Ingatlah alasan kamu memilih untuk menempuh pendidikan di Telkom University. Tetap fokus pada tujuan akademis dan karir pendidikan kamu. Ketika kamu merasa lelah atau kehilangan semangat, ingatkan diri kamu akan manfaat jangka panjang dari pendidikan kamu dan bagaimana upaya kamu saat ini akan membantu mewujudkannya.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, diharapkan mahasiswa Unusa dan mahasiswa lainnya dapat tetap menjaga semangat belajar dan produktivitas mereka selama bulan Ramadhan. Semoga dengan berusaha keras dan berdoa, kita semua dapat meraih kesuksesan di dunia dan akhirat.



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 16 April 2024
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
11:56
Ashar
15:14
Maghrib
17:54
Isya
19:04
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan