Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 13 April 2024
home masjid detail berita

Ciri-Ciri Orang Mendapatkan Lailatul Qadar

esti setiyowati Selasa, 02 April 2024 - 21:00 WIB
Ciri-Ciri Orang Mendapatkan Lailatul Qadar
Pengasuh Pondok Pesantren Al-Bahjah, Prof Yahya Zainul Maarif (Buya Yahya).
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Lailatul Qadar adalah malam yang sangat mulia dan keutamaannya lebih baik dari malam seribu bulan atau 83 tahun.

Kemuliaan malam Lailatul Qadar dijelaskan secara runut dalam surah Al-Qadr ayat 1-5. Allah SWT berfirman,

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam qadar. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Rµh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar." (QS Al-Qadr: 1-5).

Keutamaan Lailatul Qadar dalam surah Al-Qadr inilah yang membangkitkan semangat ummat Islam untuk bertafakkur, beramal, dan memperbanyak ibadah di 10 malam terakhir bulan Ramadan.

Kebiasaan umat Islam di dunia menghidupkan 10 malam terakhir Ramadhan degan cara beri'tikaf, anjuran yang dipraktikkan Rasulullah SAW.

Lailatul qadar didapatkan oleh orang-orang terpilih yang menghidupkan malam dengan beribadah kepada Allah Ta’ala.

Lalu apa ciri-ciri dari orang yang mendapatkan Lailatul Qadar?

Pengasuh Pondok Pesantren Al Bahjah, Prof Yahya Zaiul Ma’arif (Buya Yahya) menyebut orang yang mendapatkan Lailatul Qadar dapat dilihat dari hari-hari ke depannya.

Baca juga:Jangan Sia-Siakan, Perbanyaklah Ibadah di Sepuluh Hari Terakhir Ramadhan

“Jika hari esok lebih bagus dari hari kemarin, itulah dia mendapatkan lailatul qadar,” ujar Buya Yahya saat menyampaikan tausiah Ramadhan di Al Bahjah TV, dilihat Selasa (2/4/2024).

Namun sebaliknya, jika keesokan harinya tidak ada perubahan, maka orang tersebut tidak mendapatkan lailatul qadar.

“Tanda lailatul qadar yang paling jelas adalah di hari selanjutnya, tahun selanjutnya menjadi semakin taat kepada Allah,” ungkapnya.

Buya Yahya berpesan agar malam-malam di penghujung Ramadhan diperbanyak amal baik. Lalu, keesokan harinya berusaha memperbaiki diri.

“Kalau ternyata esok harinya gampang (lebih baik), kayaknya kita dapat lailatul qadar. Tapi, kalau maksiat terus jauh dari lailatul qadar. Jadi begitu, sederhana sekali,” ungkap Buya Yahya.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 13 April 2024
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
11:57
Ashar
15:14
Maghrib
17:56
Isya
19:05
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan