Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 22 Mei 2024
home lifestyle muslim detail berita

Klaim Tak Tahu Hukum Korea, Daud Kim Bantah Bangun Masjid untuk Keuntungan Pribadi

esti setiyowati Sabtu, 20 April 2024 - 20:49 WIB
Klaim Tak Tahu Hukum Korea, Daud Kim Bantah Bangun Masjid untuk Keuntungan Pribadi
Influencer mualaf Korea Daud Kim berencana membangun masjid di kota pelabuhan barat Incheon
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Influencer muslim Daud Kim atau Kim Jaehan memberi klarifikasi akan kontroversi rencana pembangunan masjid di Incheon, Korea Selatan. Viral di media sosial, Daud Kim dituduh melakukan penipuan donasi pembangunan masjid karena hanya menyertakan rekening pribadi.

Melalui Instagram Story, Daud Kim mengaku tengah meninjau legalitas soal penerimaan donasi melalui rekening pribadi. Ia pun mengungkapkan alasan penggunaan rekening tersebut atas permintaan dari pelanggannya di YouTube.

"Kami sedang meninjau legalitas penerimaan sumbangan melalui rekening pribadi. Dan jika ada masalah, saya akan dengan setia menanggapi penyelidikan tersebut," tulis Daud Kim dikutip dari akun Instagram @jaehan9192, Sabtu (20/4/2024).

Baca juga:Soal Rencana Daud Kim Bangun Masjid di Korea, Ayana Moon dan Influencer Muslim Buka Suara

"Menggunakan rekening pribadi adalah permintaan dari subscriber. Saya ingin mengklarifikasi bahwa ini sama sekali bukan karena saya menggunakannya untuk keperluan pribadi," sambung pria kelahiran 9 Januari 1992 ini.

Dalam klarifikasinya tersebut, Kim mengaku tidak memahami bahwa penggunaan rekening pribadi untuk proyek yang mengatasnamakan Islam menjadi masalah hukum.

Karena itu, ia meminta masyarakat dan donatur untuk menyetop sumbangan ke rekening pribadinya hingga masalah legalitas selesai.

"Saya tidak sadar bahwa ini menjadi masalah hukum. Oleh karena itu, saya meminta Anda berhenti berdonasi ke rekening pribadi saya sampai masalah legalitas selesai," kata Daud Kim.

Pria yang mengawali kariernya lewat cover lagu-lagu terkenal ini pun berencana akan mengalihkan donasi yang sudah masuk ke rekening perusahaan meski membutuhkan waktu. Kim pun berjanji akan transparan dalam proses pembangunan masjid.

Baca juga:Open Donasi Influencer Mualaf Daud Kim Bangun Masjid di Korea Tuai Kontroversi

"Butuh waktu untuk mengelola donasi yang telah kami terima selama ini, dan juga akan membutuhkan waktu untuk membentuk perusahaan. Sehingga kami akan mengatur semuanya dan mengungkapkannya secara perlahan segera. Mohon bersabar sedikit," lanjutnya.

Mengenai hukum yang berlaku di Korea Selatan, Kim mengklaim dirinya tidak mengetahui peraturan yang berlaku tersebut. Terkait itu, ia menegaskan tidak berniat melakukan penipuan.

"Memang benar bahwa saya tidak tahu banyak tentang Undang-undang donasi Korea. Tapi semua yang ingin saya lakukan adalah dengan niat baik. Niat saya tulus untuk menciptakan rumah Allah. Saya tidak pernah berniat jahat dan tidak pernah menipu siapapun. Saya harap Anda tidak tertipu oleh berita palus. Terima kasih," tandasnya.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 22 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan