Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 28 Mei 2024
home lifestyle muslim detail berita

Mengenal Sosok Yusha, Musisi Jepang yang Jadi Mualaf Usai Dengar Lantunan Al-Qur'an

esti setiyowati Sabtu, 04 Mei 2024 - 09:00 WIB
Mengenal Sosok Yusha, Musisi Jepang yang Jadi Mualaf Usai Dengar Lantunan Al-Qur'an
Yusha, musisi Jepang mualaf usai dengar lantunan Al-Quran
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Islam memiliki banyak celah untuk mengetuk pintu hati seseorang dengan hidayah. Salah satunya terjadi pada musisi asal Jepang, Yusha.

Yusha mengaku mulai tertarik pada Islam setelah mendengar lantunan ayat suci Al-Qur'an di dalam taksi. Kala itu, ia tengah berlibur ke Maroko pada 2018 silam.

"Di dalam taksi saya mendengar lantunan Al-Qur'an. Saya tidak tahu kalau suara itu adalah Qur'an. Saya bertanya kepada pengemudi taksi, 'musik apa ini?'," cerita Yusha dalam video yang diunggah di Instagram miliknya, @yushachanel, dilihat Jumat (3/5/2024).

Sebagai seorang musisi, Yusha berpikir suara itu adalah musik. Kemudian, supir taksi tersebut menjawab, "Ini lantunan Al-Qur'an,".

Yusha yang baru mendengar lantunan Al-Qur'an langsung penasaran dan ingin tahu lebih banyak tentang Islam.

"Saya pikir itu pemicunya," ungkap Yusha.

Baca juga:Muslim Terkaya, Ada Pengusaha Semen Hingga Bumper Truk

Mengutip wawancaranya dengan Antara Tokyo, Yusha mengatakan, lantunan ayat-ayat Ilahi itulah merupakan awal mula baginya memeluk agama Islam dalam perjalanannya di Maroko.

“Dari situ saya tertarik untuk belajar Al Quran dan kemudian memeluk Islam,” katanya.

Saat ini Yusha dikenal sebagai musisi yang gemar melantunkan nasyid dan lagu-lagu Islami serta salawat dalam bahasa Jepang. Ia mengaku
musik adalah hasratnya yang tak bisa dipisahkan.

Tak heran bila dalam setiap perjalanannya, Yusha selalu menenteng gitar, bernyanyi baik di hotel, restoran, bahkan di jalanan.

Sejak mengikrarkan diri sebagai Muslim, Yusha mengungkapkan akan tetap berkiprah di dunia musik. Salah satunya dengan mempelajari nada-nada Islami lewat nasyid dan salawat.

“Saya belajar nasyid Arab dan Indonesia. Kadang-kadang saya juga menggubah nasyid sendiri atau menerjemahkannya ke dalam Bahasa Jepang,” katanya.

Di Jepang, dia menyanyikan nasyid dari panggung ke panggung dan mengunggah beberapa video klip serta karyanya di saluran YouTube Yusha Channel.

Selain bernyanyi, Yusha juga mengiringi lagunya dengan alat musik tradisional Jepang dan dinyanyikan ulang dalam Bahasa Jepang. Ini terlihat unggahannya di akun Instagram saat melantunkan Salawat Asyghil dan Salawat Badar.

Salah satu lagu ciptaanya yang bercerita tentang kisah mengenal Islam di Maroko adalah “Assalam Alykum”.

Ia juga kerap membawakan lagu-lagu tersebut bersama Yumiko, istrinya yang merupakan warga negara Indonesia.

Yusha juga kerap berkolaborasi dengan imam masjid di Jepang untuk melantunkan nasyid. Selain bersolo karier, dia juga tergabung dalam grup nasyid Jepang yang dikenal dengan Al Ahibah .

Yusha menuturkan tujuan menyanyikan lagu-lagu dalam Bahasa Jepang agar lagu-lagu religi juga dapat dinikmati oleh warga Jepang selain sebagai jalan dakwah melalui hal yang dicintainya itu.

“Orang Jepang itu cenderung tidak suka dengan hal-hal yang berbau religi atau sesuatu yang religius. Tetapi, teman-teman lama saya yang bukan Muslim bisa menikmati lagu-lagu nasyid ini,” katanya.

Dia berharap dengan karyanya, orang-orang Jepang dapat mengenal Islam serta menjembatani hubungan warga Jepang dan Indonesia supaya semakin erat.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 28 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:15
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan