Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 28 Mei 2024
home edukasi & pesantren detail berita

172 Kampus PTMA Kompak Gelar Aksi Bela Palestina

tim langit 7 Rabu, 08 Mei 2024 - 12:00 WIB
172 Kampus PTMA Kompak Gelar Aksi Bela Palestina
ilustrasi
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Sebanyak 172 kampus Muhammadiyah di seluruh Indonesia mengekspresikan solidaritas untuk rakyat Palestina melalui Aksi Bela Palestina.

Ma’mun Murod Al-Barbasy, Sekretaris Umum Forum Rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah, menegaskan tindakan ini bagian dari tanggapan kemanusiaan universal terhadap tindakan kejam Israel terhadap Palestina.

“Ya ini sebagai respons kemanusiaan universal atas apa yang dilakukan Israel secara biadab terhadap Palestina,” ungkap Ma’mun yang juga menjabat sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ).

Baca juga:RMI Ajak Pesantren Menangkan Perang Narasi di Media dan Media Sosial

Selain itu, aksi ini juga merupakan ekspresi keprihatinan terhadap kurangnya respons dari perguruan tinggi di Indonesia terhadap kejahatan perang yang dilakukan oleh Israel terhadap Palestina.

Menurut Ma’mun, sikap solidaritas telah ditunjukkan oleh perguruan tinggi di luar negeri, dan hal ini menandakan bahwa komunitas akademik internasional telah berbicara menentang kekejaman yang terjadi di Palestina.

Lebih lanjut, aksi solidaritas digelar secara serentak di seluruh 172 kampus Muhammadiyah di Indonesia. Untuk kampus-kampus yang berada di zona waktu Indonesia bagian Barat, aksi pernyataan sikap dimulai pukul 10.00 WIB.



Kemudian, kampus-kampus di zona waktu Indonesia bagian Tengah menggelar aksi serupa pukul 11.00 WIT, sementara kampus di zona waktu Indonesia bagian Timur menyampaikan pernyataan sikap mereka pukul 12.00 WITA.

“Ya ada pernyataan sikap resmi dari forum rektor jadi nanti sikap resmi pernyataan sikap ini nanti di buat satu tunggal oleh forum rektor, nanti akan dibacakan oleh rektor-rektor di seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Selain pernyataan sikap, beberapa dosen dan mahasiswa juga akan melakukan orasi untuk menegaskan solidaritas dan keprihatinan mereka terhadap situasi yang terjadi di Palestina.

Harapannya, aksi solidaritas ini akan memiliki dampak positif dalam menyuarakan dukungan bagi rakyat Palestina dan memperkuat kesadaran akan pentingnya perdamaian dan keadilan di tingkat lokal maupun global.

Dengan melibatkan seluruh 172 kampus Muhammadiyah di Indonesia, diharapkan pesan kemanusiaan ini dapat tersebar luas dan menginspirasi tindakan yang lebih lanjut untuk memperjuangkan hak asasi manusia dan penyelesaian konflik secara damai.



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 28 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:15
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan