Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 18 Mei 2024
home global news detail berita

Taliban Bentuk Kabinet Pemerintahan Baru Afghanistan

redaksi Rabu, 08 September 2021 - 06:30 WIB
Taliban Bentuk Kabinet Pemerintahan Baru Afghanistan
Juru Bicara Taliban Zabihullah Mujahid saat mengumumkan struktur kabinet baru Afghanistan di Kabul, Selasa (7/9/2021) (foto: Anadolu Agency)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Kabul - Taliban telah mengumumkan struktur kabinet pemerintahan baru Afghanistan yang kini mereka sebut sebagai Imarah Islam Afghanistan. Taliban menunjuk Mohammad Hasan Akhund sebagai Perdana Menteri baru Afghanistan. Dia adalah salah satu orang dekat pendiri kelompok itu Almarhum Mullah Omar.

Melansir Al-Jazeera, daftar anggota kabinet pemerintahan baru Afghanistan diumumkan oleh Kepala Juru Bicara Taliban Zabihullah Mujahid pada Selasa (8/9/2021). Kabinet terdiri dari 33 menteri didominasi oleh anggota senior Taliban. Seluruhnya pria dan sama sekali tidak ada wanita di kabinet itu.

Abdul Ghani Baradar , Kepala Kator Politik Taliban, ditunjuk menjadi Wakil Perdana Menteri. Sementara Sirajuddin Haqqani, putra pendiri Jaringan Haqqani, ditunjuk sebagai menteri dalam negeri.

Mullah Mohammad Yaqoob, putra Mullah Omar, ditunjuk sebagai Menteri Pertahanan. Hedayatullah Badri akan menjadi Menteri Keuangan, sementara Amir Khan Muttaqi, seorang negosiator Taliban di Doha, diangkat menjadi Menteri Luar Negeri.

“Imarah Islam memutuskan untuk menunjuk dan mengumumkan kabinet sementara untuk melaksanakan pekerjaan pemerintah yang diperlukan,” kata Mujahid dalam konferensi pers di Kabul, Selasa (8/9/2021).

Mujahid menekankan kabinet adalah pelaksana urusan pemerintahan dan akan ada struktur sendiri dalam bagian kenegaraan.

Diketahui, Perdana Menteri baru Afghanistan Akhund masih ada dalam daftar sanksi PBB. Ia berasal dari Kandahar, tempat kelahiran Taliban. Akhund sebelumnya adalah Menteri Luar Negeri dan kemudian Wakil Perdana Menteri selama kelompok itu berkuasa dari 1996 hingga 2001.

sumber: Al-Jazeera

(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 18 Mei 2024
Imsak
04:25
Shubuh
04:35
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
18:59
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan