Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 17 September 2024
home edukasi & pesantren detail berita

Empat Kampus Muhammadiyah Jadi PTS Terbaik Indonesia Versi Webometrics Ranking

tim langit 7 Kamis, 01 Agustus 2024 - 09:00 WIB
Empat Kampus Muhammadiyah Jadi PTS Terbaik Indonesia Versi Webometrics Ranking
Universitas Muhammadiyah Malang menjadi salah satu dari empat perguruan tinggi Muhammadiyah yang masuk e besar terbaik versi Webometrics Ranking
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Empat kampus Perguruan Tinggi Muhammadiyah-‘Aisyiyah (PTMA) berhasil menduduki 10 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Indonesia versi Webometrics Ranking Juli 2024.

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Irwan Akib mengapresiasi prestasi tersebut. Keempat kampus tersebut adalah:

1. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.
Universitas Ahmad Dahlan (UAD) merupakan pengembangan dari Institut Keguruan dan llmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Yogyakarta. Institut Keguruan dan llmu Pendidikan Muhammadiyah Yogyakarta sebagai lembaga pendidikan tinggi merupakan pengembangan FKIP Muhammadiyah Cabang Jakarta di Yogyakarta yang didirikan pada 18 November 1960.

Universitas Ahmad Dahlan memiliki enam kampus, yakni: Kampus I terletak di Jl. Kapas 9, Semaki, Umbulharjo, Yogyakarta 55166. Kampus II terletak di Jl. Pramuka 42, Sidikan, Umbulharjo, Yogyakarta 55161. Kampus III terletak di Jl. Prof. Dr. Soepomo, S.H., Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta 55164.

Baca juga:Masak Muhammadiyah Tumbang oleh Tambang?

2. Universitas Muhammadiyah Malang
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia. Universitas yang berdiri pada tahun 1964 ini berinduk pada organisasi Muhammadiyah dan merupakan perguruan tinggi Muhammadiyah terbesar di Jawa Timur.

UMM terakreditasi "Unggul" dengan Nomor SK: 858/SK/BAN-PT/AK-ISK/PT/IX/2021, berpusat di Kampus III terpadu Universitas Muhammadiyah Malang, Jalan Raya Tlogomas 246 Kota Malang, Jawa Timur. Oleh karena didominasi warna dinding putih, UMM sering disebut sebagai kampus putih.

Sekarang ini Universitas Muhammadiyah Malang menempati 3 lokasi kampus, yaitu kampus I di Jalan Bandung 1, kampus II di Jalan Bendungan Sutami 188 A dan kampus III di Jalan Raya Tlogomas 246.

3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta, Indonesia yang beralamat di Tamantirto, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta juga telah terakreditasi "Unggul" berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 793/SK/BAN-PT/AK-ISK/PT/XIII/2021

4. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi yang berada di bawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah. UMS berdiri berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (SK No. 0330/O/1981. 24 Oktober 1981) yang berubah nama dari IKIP Muhammadiyah Surakarta.

UMS secara kelembagaan berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Bimbingan dan Konseling) Universitas Muhammadiyah Jakarta Cabang Surakarta yang berdiri pada tahun 1957. Pendirinya antara lain Ibu Sudalmiyah Suhud Rais, Radjab Bulan Hadipurnomo, Muhammad Syafa'at Habib, Sulastri Gito Atmodjo, dan KH Syahlan Rosyidi, antara lain.

Sekadar diketahui, Ranking Webometrics ini mencakup lebih dari 31.000 lembaga pendidikan tinggi di seluruh dunia. Melalui pemeringkatan ini, dapat diketahui perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Irwan mengungkapkan bahwa capaian yang diraih ini berkat kerja keras PTMA dalam mewujudkan pendidikan yang bersaing global.

“Capaian ini tentu bukan datang secara tiba-tiba, melainkan dari program-program yang unggul dan terukur yang dikawal oleh SDM yang mumpuni dengan kerja keras semua komponen di masing-masing PTMA,” jelas Irwan.

Irwan berharap atas capaian keempat kampus PTMA tersebut dapat memotivasi kampus-kampus lainnya untuk meraih prestasi dan membanggakan Persyarikatan.

“Kami berharap PTMA lainnya dapat terus menghadirkan pusat-pusat keunggulan, memberi pelayanan prima kepada semua pemangku kepentingan, serta hadir dengan keunggulannya masing-masing,”jelas Irwan.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 17 September 2024
Imsak
04:20
Shubuh
04:30
Dhuhur
11:51
Ashar
15:03
Maghrib
17:53
Isya
19:01
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan