LANGIT7.ID-Jakarta; Toyota telah meluncurkan Camry generasi kesembilan di Australia minggu ini, dengan perubahan yang lebih mendalam daripada yang ditunjukkan oleh gaya yang mirip dengan yang terakhir kali.
Sekarang hanya hibrida, sedan keluarga empat pintu lima tempat duduk berukuran sedang hingga besar yang dibuat di Jepang tetapi berfokus pada Amerika Utara ini mendapatkan penyegaran pada bagian depan dan belakang, desain ulang dasbor, perlengkapan standar tambahan, dan fitur keselamatan yang diperbarui.
Yang lebih penting, mobil ini juga menghadirkan iterasi terbaru dari sistem penggerak bensin-listrik hibrida seri-paralel Toyota, yang menghasilkan manfaat nyata bagi pembeli, baik mereka mencari penghematan ekstra atau dorongan yang lebih kuat.
Namun, kemajuan ini harus dibayar dengan harga yang mahal, karena harga awal Camry kini naik $5000, menjadi $39.990 (semua harga belum termasuk biaya di jalan). Itu kenaikan hampir 15 persen.
Toyota mungkin berpendapat bahwa ini bukan perbandingan yang sepadan, karena kita berbicara tentang hibrida Ascent tingkat pemula yang baru melawan Ascent non-hibrida lama seharga $35.051.
Bahkan ketika beralih ke basis hibrida Ascent sebelumnya dari $37.917, Camry baru harganya hampir $2100 lebih mahal. Kenaikan yang lebih tinggi berlaku untuk Ascent Sport kelas menengah (sekarang dari $42.990) dan Sport Luxury (atau SL, dan sekarang mulai dari $53.990). Kelas sporty SX telah dihilangkan.
Hilangnya Ascent yang hanya berbahan bakar bensin berarti Toyota menyerahkan posisi Camry sebagai sedan menengah termurah di Australia kepada Mazda6 Sport seharga $36.290. Pesaing hibrida termurah berikutnya, Honda Accord VTi-LX e:HEV, harganya hampir $20.000 lebih mahal daripada hibrida Ascent seharga $59.900, yang menggarisbawahi nilai luar biasa untuk uang yang dikeluarkan pendatang baru tersebut.
Dengan persentase penjualan yang besar untuk pembeli armada, hibrida Ascent sangat unggul dalam hal keselamatan, yang dilengkapi dengan sistem pengereman darurat otonom (AEB) yang ditingkatkan yang kini mencakup deteksi pejalan kaki, pengendara sepeda, dan kendaraan yang melaju.
Yang juga termasuk dalam kotak itu adalah peringatan lalu lintas lintas belakang standar, alarm titik buta, tabrakan penghindaran persimpangan, bantuan keluar aman, monitor pengemudi, pengurangan kecepatan kurva untuk sistem kendali jelajah adaptif yang ditingkatkan, sistem bantuan jalur, pengenalan rambu kecepatan, sensor parkir depan dan belakang, kamera mundur dan tujuh kantung udara.
Ascent juga dilengkapi keyless entry/start, dual-zone climate control, kain jok, layar instrumentasi 7,0 inci, layar sentuh 8,0 inci dengan navigasi berbasis cloud, Apple CarPlay/Android Auto nirkabel, radio digital DAB+, port USB-C, akses gratis satu tahun ke Toyota Connected Services, lampu depan LED, kaca spion luar yang dapat dilipat otomatis, velg 17 inci dan, yang lebih penting, velg sementara – yang langka pada mobil hybrid saat ini.
Dengan mengeluarkan uang tambahan $3000 untuk Ascent Sport, Anda akan mendapatkan LED "kelas atas" dengan lampu kabut, jok pengemudi bertenaga, roda kemudi berlapis kulit dan bukan uretan, pengisi daya nirkabel, layar sentuh yang lebih besar (sekarang 12,3 inci), GPS internal, dan banyak lagi. Mobil ini ditujukan untuk pembeli pribadi.
Mereka yang punya uang lebih mungkin akan menyukai jok kulit SL, head-up display, fungsi memori kursi pengemudi, kursi penumpang depan bertenaga, kursi depan berpemanas/berventilasi, paddle shifter, kolom kemudi bertenaga dengan pelek berpemanas, instrumentasi lebih besar (hingga 12,3 inci), audio premium, kaca spion digital, kaca spion luar berpemanas terbalik, wiper sensor hujan, washer kamera, kaca privasi belakang, sunroof panoramik, dan velg 18 inci.
Disebut-sebut sebagai model generasi baru, versi baru ini merupakan tampilan baru dari pendahulunya yang dirilis pada tahun 2017. Ia memiliki banyak perangkat keras Toyota New Global Architecture (TNGA-K) pendahulunya, powertrain (selain sistem hibrida), suspensi (sekarang disetel ulang untuk kenyamanan) dan (meskipun lebih kuat) struktur bodi. Barang bawaan termasuk kaca depan, atap, dan pintu depan Camry.
Dimensinya sebagian besar identik, baik di dalam maupun di luar, termasuk kapasitas bagasi (524 liter). Hal yang sama tidak berlaku untuk apa yang ada di bawah kap mesin.
Aplikasi pertama sistem hibrida terbaru Toyota (generasi kelima) di Australia, ia lebih ringan dan lebih efisien dari sebelumnya, sekaligus menawarkan tenaga ekstra.
Ia memadukan versi revisi dari mesin bensin empat silinder 2,5 liter, kini dengan injeksi bahan bakar langsung – bukan melalui port – yang menghasilkan daya 138 kW (naik dari 131 kW) pada 6000 rpm dan torsi 221 Nm antara 3600-5200 rpm (tanpa perubahan), ke transaxle hibrida yang lebih ringan, lebih kecil, dan lebih halus.
Yang terakhir menampung sepasang generator motor listrik multi-sumbu baru, yang menghasilkan magnet dua kali lipat (menjadi enam) dan pendinginan yang lebih baik, sehingga menghasilkan 100 kW dan 208 Nm (naik dari 88 kW/202 Nm). Sasaran utamanya di sini adalah untuk mengurangi beban mesin, hingga 300-500 rpm saat akselerasi, meningkatkan penghematan sekaligus mengurangi kebisingan mekanis di sepanjang jalan.
Baterai berpendingin udara adalah baterai Lithium-ion 4A/jam sekali lagi, ditemukan di bawah jok belakang.
Dengan menggerakkan roda depan melalui transmisi variabel kontinu elektronik (e-CVT) yang telah dirombak secara menyeluruh, total daya yang dihasilkan meningkat 10 kW hingga 170 kW (tidak ada angka torsi gabungan yang diungkapkan), untuk waktu tempuh 0-100 km/jam dalam 7,2 detik, dalam perjalanan menuju kecepatan tertinggi 180 km/jam (tidak ada perubahan).
Yang membedakan adalah konsumsi bahan bakar. Camry hybrid sebelumnya menghasilkan antara 4,2 dan 4,5 liter per 100 km tergantung pada tingkat kemiringan, sementara versi saat ini memangkasnya menjadi 4,0 L/100 km, untuk peringkat emisi CO2 hanya 91 gram/km (turun dari 96-107 g/km).
Yang membantu hal ini adalah aerodinamika yang sedikit lebih baik, bersama dengan penurunan berat antara 15 kg dan 30 kg tergantung pada tingkat kemiringan. Ascent/Ascent Sport memiliki berat 1565 kg sementara SL berada di 1625 kg.
Tiga mode berkendara tersedia – Normal, Eco, dan Sport, sementara mode EV menawarkan kendaraan listrik berkecepatan rendah untuk berkendara dalam "jarak pendek", menurut Toyota.
Seperti sebelumnya, bensin premium tanpa timbal RON 95 diperlukan, yang berarti Anda tidak dapat membeli Camry yang direkomendasikan untuk menggunakan bensin tanpa timbal biasa.
Toyota mengatakan telah menambahkan penyangga pada bodi, as, rak kemudi, dan struktur ujung depan, menerapkan penyetelan suspensi yang bervariasi sesuai dengan tingkat kemiringan, dan meningkatkan kinerja pengereman.
Terakhir, Camry ditawarkan dengan garansi lima tahun/jarak tempuh tak terbatas, dengan interval setiap 12 bulan atau 15.000 km, seharga $255 per servis.(*/saf/carsguide)
(lam)