LANGIT7.ID-, Jakarta - -
Industri kosmetik lokal kian menunjukkan taring sehingga menjadikannya sebagai salah satu sektor dan prospek bisnis yang menjanjikan.
Populasi
generasi muda yang terus bertambah dan kesadaran akan pentingnya menjaga penampilan, melahirkan merek-merek kosmetik lokal unggulan.
Salah satu brand kosmetik lokal yang masih eksis sejak 2022 adalah Implora. Jenama ini sukses membangun reputasinya sebagai pilihan utama
konsumen Indonesia.
Baca juga: Kahf, Ketika Kualitas dan Kehalalan Menjadi Kunci Sukses Brand LokalBermula dari usaha sederhana yang memasarkan produk secara langsung di Jawa dan Bali, Implora kini berhasil melampaui dua dekade perjalanan bisnisnya dengan produk-produk berkualitas tinggi dan harga terjangkau.
“Kami percaya bahwa industri kosmetik Indonesia memiliki potensi besar untuk dikembangkan, terutama karena kekayaan sumber daya alam kita sebagai bahan baku," kata Hendrata Liadi, Chief Marketing Officer Implora.
Didirikan oleh pasangan asal Surabaya, Go Wi Liem dan Sri Melani, Implora dikenal sebagai produsen parfum.
Pada awal 2000-an, mereka sukses menarik perhatian pasar dan mulai memperluas lini produk ke kosmetik dekoratif seperti lipstik dan bedak.
Kemudian pada 2017, Implora meluncurkan Urban Lip Cream Matte yang mendapat respons positif dari pasar. Hal ini mendorong Implora untuk memasuki kategori skincare dengan produk andalan seperti face serum.
Baca juga: HijabChic, Brand Lokal yang Hadirkan Koleksi Fashion Muslim Berkualitas dan Kekinian“Melalui tagline ‘Berani Jadi Aku,’ kami ingin setiap perempuan merasa nyaman dengan dirinya. Kami memastikan semua produk kami memenuhi standar BPOM, bersertifikasi halal, dan telah diuji oleh dermatologis. Seluruh proses produksi dilakukan secara lokal di pabrik kami di Sidoarjo,” jelas Hendrata.
Hingga kini, Implora telah meluncurkan lebih dari 150 produk, termasuk Urban Eyebrow, Healthy Glow Cushion, dan Zodiac Series Perfume Collection.
Keberhasilan Implora tak lepas dari kemitraannya dengan Shopee sejak 2017. Melalui kampanye belanja, fitur Shopee Live, dan promosi lainnya, Implora mampu menjangkau konsumen lebih luas.
Hendrata mengungkapkan bahwa pada setiap puncak kampanye Shopee, pesanan mereka meningkat hingga 10 kali lipat, dengan lonjakan transaksi hingga 50 kali lipat pada kuartal I 2024 dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.
“Shopee Live memberikan dampak luar biasa bagi kami, memungkinkan interaksi langsung dengan konsumen. Selama kampanye di tahun 2024, penjualan kami meningkat hingga 8 kali lipat melalui Shopee Live dibandingkan hari biasa,” pungkasnya.
Baca juga: Brand Lokal Husador Hadir Penuhi Kebutuhan Fesyen Petualang Modern(est)