LANGIT7.ID-, Jakarta - - Berbagai macam persiapan telah dirancang oleh panitia
Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), namun masih saja ada kendala yang terjadi. Salah satunya, terkait proses pembayaran
Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)
Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).
Koordinator Call Center, Helpdesk, dan Frontdesk SNPMB Badrus Zaman mengatakan ada beberapa aduan maupun keluhan yang ia dapatkan, salah satunya mengenai proses pembayaran. Seperti, calon peserta sudah melakukan pembayaran namun belum tertera pada sistem.
Baca juga: Pendaftaran UTBK-SNBT Ditutup Besok, Begini Cara Bayar dan Batas WaktunyaSementara untuk bisa mengikuti UTBK SNBT 2025, setiap peserta harus membayar biaya pendaftaran sebesar Rp200.000 sebagai syarat Utama, supaya proses pendaftaran dapat diproses dan peserta memperoleh kartu ujian.
Lantas bila kejadiannya seperti di atas, apa yang harus dilakukan? Badrus mengatakan, solusinya adalah menghubungi Helpdesk SNPMB
halo-snpmb@bppp.kemdikbud.go.id, serta Call Center SNPMB 0804-1-450-450.
"Nanti kami akan bantu sampaikan ke bank terkait, karena ini bisa dicek secara manual oleh bank," kata Badrus.
Ia menerangkan, kemungkinan ini terjadi karena kode pembayaran sudah kedaluarsa.
"Jadi nantinya, yang perlu dilakukan, silakan calon peserta memilih Pusat UTBK kembali, lalu ada kode pembayaran, kemudian lakukan pembayaran lagi. Sementara untuk uang yang sudah masuk, akan dilakukan refund oleh bank bersangkutan," imbuhnya.
Pendaftaran UTBK-SNBT akan ditutup besok, Kamis, 27 Maret 2025. Batas waktu pendaftaran berbeda dengan batas waktu pembayaran. Untuk pembayaran masih bisa sampai 28 Maret pukul 15.00 WIB.
Perlu diingat bahwa slip pembayaran hanya berlaku selama 2x24 jam atau dua hari, sehingga pembayaran harus diselesaikan sebelum tenggat waktu tersebut.
Baca juga: UTBK-SNBT 2025, Prodi yang Sudah Dipilih Tak Bisa Diubah(lsi)