alexametrics
kalender Rabu, 19 Januari 2022
home global news detail berita
Mensos Era SBY Paparkan 4 Kunci Keluar dari Pandemi
ahmad zuhdi Rabu, 06 Oktober 2021 - 15:33 WIB
Mensos Era SBY Paparkan 4 Kunci Keluar dari Pandemi
Ilustrasi penyemprotan disinfektan sebagai langkah antisipasi penularan akibat pandemi Covid-19. Foto: Langit7.id/iStock
LANGIT7.ID, Jakarta - Mantan Menteri Sosial era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Salim Segaf Al Jufri menyampaikan bahwa pandemi adalah ujian bagi dunia karena bukan saja mengancam kesehatan dan nyawa umat manusia, tapi juga kesejahteraan warga dunia. Banyak negara terdampak mengalami penurunan ekonomi dan berbagai masalah sosial bahkan diambang resesi.

Karenanya Salim Segaf menyerukan empat hal agar dunia keluar dari pandemi. "Pertama, negara-negara dunia harus bersatu mengerahkan kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi menangani wabah," kata Salim dalam paparannya di acara Ambassador's Talks secara virtual, dikutip Rabu (6/10/2021).

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Tumbangnya Facebook, Whatsapp dan Instagram Selama Berjam-jam

Kedua, kata dia, pandemi harus mendorong kerjasama dan solidaritas global. Ketiga, pandemi harus mampu mentransformasi struktur dan sistem global untuk kesejahteraan warga dunia. "Keempat, pandemi harus menghentikan ambisi permusuhan, konflik, bahkan peperangan," ujarnya.

Menurut dia, pandemi tidak bisa diselesaikan secara parsial dan sendiri-sendiri oleh setiap negara. Negara tidak mungkin mengisolasi diri selamanya, mobilitas global tidak mungkin dicegah.

Karenanya butuh kerjasama global dalam pengadaan vaksin dan obat-obatan yang saat ini dirasakan sangat timpang gapnya antara negara maju/kaya dengan negara berkembang.

Baca Juga: Paviliun Indonesia Tarik Minat Ribuan Pengunjung di Expo 2020 Dubai

"Dalam konteks ini PKS mengapresiasi kinerja Menlu yang mampu mengamankan kebutuhan vaksin nasional melalui berbagai saluran diplomasi sehingga diterima baik oleh negara-negara produsen vaksin. Indonesia juga membantu negara-negara lain yang membutuhkan peralatan media yang urgen dibutuhkan," ucapnya.

Sementara, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengapresiasi inisiatif Ambassador's Talks Fraksi PKS dan ini untuk kesekian kalinya beliau hadir secara langsung. Retno mengonfirmasi seruan PKS bahwa kunci penyelesaian pandemi Covid-19 ada pada kerjasama dan solidaritas global.

Baca Juga: Pemerintah Terus Dorong Vaksinasi untuk Mengejar Kekebalan Kumunal

Dan upaya itu yang terus dikomunikasikan dan didorong oleh Pemerintah RI dalam forum-forum global agar terjadi percepatan vaksin dan kemudahan obat-obatan bagi seluruh negara terutama kepada negara-negara miskin dan berkembang yang jauh tertinggal dalam program vaksinasi. Gapnya sangat besar dibanding negara-negara maju.

"Ini yang terus kita dorong agar ada equal distribution untuk vaksin ke seluruh negara. Indonesia mengapresiasi negara-negara yang bersedia berbagi dosis vaksin termasuk dari Jepang dan Inggris. Alhamdulillah untuk Indonesia kita telah mampu mengamankan lebih dari 270 juta dosis vaksin," kata Retno.

Baca Juga:

Sempat Ditawari Segelas Wine oleh Sir Alex Ferguson, Ini Respons Khabib

Desa Wisata Carangsari, Kental Nuansa Sejarah Tokoh Perjuangan NKRI
(asf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 19 Januari 2022
Imsak
04:20
Shubuh
04:30
Dhuhur
12:07
Ashar
15:30
Maghrib
18:19
Isya
19:33
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Baqarah:14 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
وَاِذَا لَقُوا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قَالُوْٓا اٰمَنَّا ۚ وَاِذَا خَلَوْا اِلٰى شَيٰطِيْنِهِمْ ۙ قَالُوْٓا اِنَّا مَعَكُمْ ۙاِنَّمَا نَحْنُ مُسْتَهْزِءُوْنَ
Dan apabila mereka berjumpa dengan orang yang beriman, mereka berkata, “Kami telah beriman.” Tetapi apabila mereka kembali kepada setan-setan (para pemimpin) mereka, mereka berkata, “Sesungguhnya kami bersama kamu, kami hanya berolok-olok.”