alexametrics
kalender Rabu, 19 Januari 2022
home lifestyle muslim detail berita
Rias Wajah Waterproof, Waspada agar Wudhu Tetap Sah
Dwitisya Rizky Desindatika Rabu, 12 Januari 2022 - 10:55 WIB
Rias Wajah Waterproof, Waspada agar Wudhu Tetap Sah
Ilustrasi muslimah menyapukan rias wajah waterproof . Foto: Pexelbay-cottonbro
LANGIT7.ID - Kosmetik begitu identik dan sulit dipisahkan dari perempuan. Apalagi saat ini banyak pilihan produk kecantikan yang sudah berbahan baku aman serta halal digunakan bagi muslimah.

Meski, ada yang perlu dicermati selain kehalalan kosmetika yakni produk bertipe waterproof. Seperti namanya jenis kosmetik ini diformulasikan agar kedap air sehingga riasan lebih tahan lama tak mudah luntur oleh keringat.

Rias wajah waterproof banyak digunakan tidak hanya untuk acara tertentu, seperti pesta pernikahan, tapi juga untuk kegiatan sehari-hari. Ia dipilih karena dinilai praktis tak membuat pemakainya kerap memoles ulang.

Lalu bagaimana hukumnya berwudhu saat masih menggunakan make up waterproof?

Sebelum masuk pada topik tersebut penting dipahami bahwa berwudhu mewajibkan bagian-bagian tubuh yang harus dibasuh terkena air seluruhnya.

Satu hadist yang berkaitan dengan wudu adalah dari riwayat Imam Ahmad dan Abu Daud yang didapat dari Khalid bin Mi’dan dari istrinya, bahwa Rasulullah pernah menyuruh seseorang mengulang wudunya karena terdapat anggota wudu yang tidak terkena air.

“Rasulullah SAW pernah melihat seseorang salat sedangkan di punggung kakinya ada bagian mengilap karena tidak terbasuh air wudu, seukuran sekeping dirham. Rasulullah menyuruhnya mengulang kembali wudunya.”

Bahkan soal wudhu, Rasulullah SAW sampai pernah mengancam,

وَيْلٌ لِلْأَعْقَابِ مِنَ النَّارِ أَسْبِغُوا الْوُضُوء

“Celaka atau lembah wail (di neraka jahanam) bagi para pemilik tumit yang tidak terkena air wudhu. Sempurnakan wudhu kalian!” (HR. Muslim)

Ahli ilmu fikih Yahya Zainul Ma'arif dikutip dari Al Bahjah TV, mengatakan jika kosmetik membentuk lapisan tebal menghalangi air, maka tidak sah wuduhnya dan kosmetik harus dihilangkan.

Lebih lanjut ulama dengan sapaan akrab Buya Yahya megaskan, "Intinya yang menjadikan wudhu tidak sah adalah ketika bagian-bagian tubuh yang seharusnya dibasuh ada yang menutupi, apa saja, permen karet, cat, terasi sekalipun, maka tidak sah"

Jika tidak membentuk lapisan, jadi hanya sebatas warna, tidak memiliki ketebalan, maka tidak harus dihilangkan.

Berdasarkan sifatnya tentu saja rias wajah waterproof memiliki kandungan yang berbeda dari kosmetik biasa. Ia cenderung membentuk lapisan yang menghalangi masuknya air. Untuk itu muslimah dengan kosmetik waterproof harus membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum berwudhu.

Jadi sebaiknya pertimbangkan lagi jika hendak menggunakan kosmetik waterprof, kecuali bila sedang berhalangan sholat, atau hanya menggunakan pada waktu singkat dan tak masalah menghapusnya saat hendak wudu.

Penting bagi seorang muslim, siapa pun itu, untuk melakukan penyempurnaan dalam berwudhu. Ini lantaran menentukan syarat sahnya ibadah wajib utama umat Islam, yakni shalat.

مَنْ أَتَمَّ الْوُضُوءَ كَمَا أَمَرَهُ اللهُ تَعَالَى، فَالصَّلَوَاتُ الْمَكْتُوبَاتُ كَفَّارَاتٌ لِمَا بَيْنَهُنَّ

Barang siapa yang menyempurnakan wudhu sebagaimana yang Allah perintahkan maka sholat-sholat wajib yang ia kerjakan adalah pelebur dosa diantara sholat-sholat tersebut (HR. Muslim : 231)
(arp)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 19 Januari 2022
Imsak
04:20
Shubuh
04:30
Dhuhur
12:07
Ashar
15:30
Maghrib
18:19
Isya
19:33
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:5 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
اِنَّ اللّٰهَ لَا يَخْفٰى عَلَيْهِ شَيْءٌ فِى الْاَرْضِ وَلَا فِى السَّمَاۤءِ
Bagi Allah tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi di bumi dan di langit.