alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 26 November 2022
home wirausaha syariah detail berita

BSI Berdayakan Generasi Muda Perkuat Ekonomi Masjid

mahmuda attar hussein Selasa, 14 Desember 2021 - 13:23 WIB
BSI Berdayakan Generasi Muda Perkuat Ekonomi Masjid
Masjid sebagai pusat perekonomian ummat. Foto: Langit7
Langit7, Jakarta - PT Bank Syariah Indonesia (BSI) terus mendorong literasi dan pemberdayaan generasi muda untuk memperkuat pengembangan ekonomi masjid.

Wakil Direktur Utama 2 BSI, Abdullah Firman Wibowo mengatakan, BSI siap berkolaborasi dengan seluruh stakeholders dan masyarakat luas untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah. Juga termasuk mendorong pemberdayaan pemuda dan mengoptimalkan potensi ekonomi masjid di Nusantara.

“Dengan kolaborasi ini diharapkan potensi ekonomi masjid dapat semakin dikembangkan. Sehingga manfaatnya akan lebih terasa bagi umat dan bangsa," katanya di Pelatihan Manajemen Masjid, Minggu(12/12).

Baca juga: Laris Manis, Permintaan Makanan Beku Terus Meningkat

Seperti diketahui, BSI berkolaborasi dengan Indonesian Islamic Youth Economic Forum (ISYEF), pada 11-12 Desember 2021 lalu. Dalam kolaborasi itu BSI dan ISYEF melakukan kegiatan Pelatihan Manajemen Masjid, yang salah satunya berfokus pada penguatan ekonomi masjid.

Firman mengatakan, masjid dapat menjadi solusi inklusi serta jendela literasi keuangan syariah yang saat ini berada di kisaran 9 persen. Di mana angka itu belum sebanding dengan penduduk muslim Indonesia yang berjumlah lebih dari 200 juta orang.

Menurut proyeksinya, potensi ekonomi masjid di Indonesia sendiri mencapai Rp500 triliun per tahun. Di mana terdapat lebih dari 800 ribu masjid yang tersebar di sepanjang Nusantara.

"Rendahnya literasi dan inklusi keuangan syariah juga berdampak pada rendahnya penetrasi perbankan syariah, yang berada di kisaran 6,5 persen setelah hadir hampir 3 dekade di Indonesia," jelasnya.

Baca juga: Ekonomi Ummat Fokus Distribusi Aset dan Pendanaan Usaha Mikro-Ultramikro

Untuk itu, pihaknya tengah melakukan berbagai strategi untuk menjawab tantangan tersebut. Seperti berkolaborasi dengan masjid yang diposisikan BSI sebagai episentrum literasi islam.

Selain memiliki fungsi Baitullah (rumah ibadah) dan Baitul Ta’lim (pendidikan), masjid juga memiliki fungsi sebagai Baitul Maal (penghimpunan dan pendayagunaan dana Zakat Infak Sedakah), Bait at-ta’min (pemberi jaminan sosial jamaah), dan Bait at-tamwil (pembiayaan produktif).

"Pengembangan kapasitas serta kapabilitas manajemen masjid menjadi penting untuk meningkatkan pelayanan serta pemberdayaan fungsi masjid. Tidak hanya menjadikan kembali masjid sebagai pusat peradaban, tapi juga penggerak perekonomian," tambahnya.

Baca juga: Tiga Strategi Erick Tohir Roketkan Ekonomi Syariah

(zul)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 26 November 2022
Imsak
03:56
Shubuh
04:06
Dhuhur
11:43
Ashar
15:07
Maghrib
17:56
Isya
19:10
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan