Langit7, Tangerang - Makanan beku (frozen food) kian diminati di kalangan masyarakat. Hal itu dikarenakan makanan beku ini terbilang cukup simpel, baik dalam penyimpanan mau pun pengolahannya.
Sehingga, menjadikan permintaan akan makanan beku terus mengalami peningkatan hingga saat ini. Asosiasi UMKM Indonesia memprediksi, kenaikan tersebut mencapai 50 persen sepanjang pandemi.
Baca juga: Peluang Bisnis Ikan Hias, Pasarnya hingga Mancanegara![Laris Manis, Permintaan Makanan Beku Terus Meningkat]()
Manisnya penjualan makanan beku juga dirasakan oleh Kamal yang memulai usahanya sejak akhir 2019 lalu. Merintis usahanya dari skala kecil, Kamal mengaku mendapatkan keuntungan yang cukup besar dari produk makanan bekunya.
"Nah, dari keuntungannya itu, saya coba lagi ke kue kering dan jajanan viral, kayak baso aci yang lagi ngehits dan cimol keju," ujarnya dikutip dari kanal Youtube Apabe Media.
Mendapatkan keuntungan yang lebih lagi, Kamal mencoba berekspansi lebih jauh. Dari situ, dia mulai mengembangkan usahanya kepada produk pembersih hingga buah-buahan.
Baca juga: Plepah, Produk Wadah Makanan yang Dukung Pembangunan BerkelanjutanEkspansi usahanya yang berupaya menjawab kebutuhan sehari-hari masyarakat, Kamal mampu mengembangkan usahanya secara signifikan.
![Laris Manis, Permintaan Makanan Beku Terus Meningkat]()
Pemilik Elsa Frozen Food itu menyebutkan, jalan berwirausaha dipilihnya guna memiliki perusahaannya sendiri.
"Saat ini kita dibantu dua karyawan, itu yang menjadi salah satu motivasi. Di mana kita bisa membuka lapangan pekerjaan buat orang-orang," katanya.
Baca juga: Berawal dari Lapak Angkringan, Kini Punya Restoran KopiMenurutnya, untuk bisa mengembangkan usaha diperlukan mental kuat dalam mengembangkannya. Dari setiap kendala yang ada, kata dia, perlu dijadikan sebagai pelajaran dan ilmu untuk bisa belajar dan menghadirkan solusi tepat.
"Kalau lagi down jangan anggap itu adalah hari kiamat. Cobalah bangkit, karena dari situ kita bakal memperoleh ilmu yang tidak pernah kita dapatkan," tambahnya.
(zul)