alexametrics
kalender Rabu, 19 Januari 2022
home wisata halal detail berita
Pesantren An-Nawawi Tanara Banten Bakal Jadi Destinasi Wisata Religi
Muhajirin Jum'at, 24 Desember 2021 - 19:44 WIB
Pesantren An-Nawawi Tanara Banten Bakal Jadi Destinasi Wisata Religi
Menparekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi Ponpes An-Nawawi Tanara (Dok Kemenparekraf)
LANGIT7.ID, Serang - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mendukung pengembangan Pondok pesantren An-Nawawi Tanara Banten sebagai destinasi wisata religi yang unggul. Hal itu diharapkan dapat membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi para santri dan masyarakat setempat.

Salah satu wisata religi yang potensial di sekitar pesantren itu adalah petilasan Syaikh Nawawi Al-Bantani atau tempat beliau dalam menulis kitab-kitabnya.

Dukungan untuk Ponpes An-Nawawi Tanara berkaitan dengan program-program yang dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yakni pariwisata halal dan program Santri Digitalpreneur. Dua program itu nantinya digabung dengan Santri Milenial Center (Simac).

"Ini adalah cara-cara kekinian yang insya Allah akan menjadi penyemangat kita untuk membangun Islam yang rahmatan lil alamin dan menghadirkan destinasi-destinasi unggulan," kata Sandi saat mengunjungi Ponpes An-Nawawi Tanara, Kamis (23/12/2021).

Sandi mengatakan, pada masa pandemi Covid-19 dan tantangan ekonomi, pelaku usaha pariwisata harus inovatif, adaptif, dan diperkuat dengan kolaborasi. Terlebih pendekatan digital saat ini sangat diperlukan.

Ponpes An-Nawawi Tanara didirikan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin pada 2001. Ma'ruf Amin merupakan keturunan Syekh Nawawi Al-Bantani, seorang ulama besar yang pernah menjadi Imam Besar di Masjidil Haram, Mekkah.

KH Ma'ruf Amin merasa perlu ada pengembangan pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di pesantren tersebut.

Pembina Ponpes An-Nawawi Tanara, Gus Syauqi, mengatakan, kedatangan Menparekraf Sandiaga ke Ponpes An-Nawawi diharap bisa membantu mengawal dan mendampingi para santri agar dapat dapat terus bergerak maju dalam meningkatkan ekonomi dari sisi pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Kita butuh banyak dukungan, dorongan, termasuk fasilitas-fasilitas yang bukan hanya output tapi juga menjadi outcome buat pesantren, dan ternyata banyak sekali program Kemenparekraf yang bisa kita sinergikan. Kita harap pesantren ini juga bisa menjadi basis pemberdayaan ekonomi di pondok pesantren dan masyarakat sekitarnya," ucapnya.
(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 19 Januari 2022
Imsak
04:20
Shubuh
04:30
Dhuhur
12:07
Ashar
15:30
Maghrib
18:19
Isya
19:33
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Baqarah:14 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
وَاِذَا لَقُوا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قَالُوْٓا اٰمَنَّا ۚ وَاِذَا خَلَوْا اِلٰى شَيٰطِيْنِهِمْ ۙ قَالُوْٓا اِنَّا مَعَكُمْ ۙاِنَّمَا نَحْنُ مُسْتَهْزِءُوْنَ
Dan apabila mereka berjumpa dengan orang yang beriman, mereka berkata, “Kami telah beriman.” Tetapi apabila mereka kembali kepada setan-setan (para pemimpin) mereka, mereka berkata, “Sesungguhnya kami bersama kamu, kami hanya berolok-olok.”