alexametrics
kalender Rabu, 19 Januari 2022
home home & garden detail berita
Lambang Kemewahan, Begini Cara Membersihkan Lantai Marmer
Fifiyanti Abdurahman Sabtu, 25 Desember 2021 - 14:04 WIB
Lambang Kemewahan, Begini Cara Membersihkan Lantai Marmer
Rumah dengan lantai marmer. Foto: LANGIT7/iStock
LANGIT7.ID - , Jakarta - Marmer merupakan lambang kemewahan yang membutuhkan perawatan khusus agar tetap terlihat menarik dan prima. Tidak ada yang lebih elegan dari marmer, yang tersedia dalam berbagai warna dengan urat atau motif yang membuat tampilannya jadi luar biasa.

Namun, batu alam yang halus dan berpori ini terkenal rentan terhadap noda. Untuk membersihkannya pun memerlukan pembersih khusus agar tidak menyebabkan kerusakan.

Baca juga: 6 Tips Merawat Lantai Kayu agar Awet Tak Mudah Lapuk

Lalu bagaimana cara membersihkan lantai rumah dari mamer agar tetap terlihat baru? Nah, bila Anda penasaran, simak tips di bawah ini mulai dari perawatan rutin hingga cara menghilangkan noda.

1. Hindari pembersih yang bersifat keras

Jauhi pembersih yang keras, karena marmer termasuk sensitif terhadap segala sesuatu yang bersifat asam. Hindari menggunakan pembersih yang mengandung cuka di lantai marmer. Sebab hal itu malah akan menciptakan bintik-bintik kusam pada lantai marmer kesayangan Anda.

Selain itu hindari juga bahan pembersih abrasif seperti bubuk atau krim penggosok, pembersih kering atau lembut, dan pembersih kamar mandi, nat, dan bak mandi dan ubin.

Waspadalah terhadap penyedot debu, yang dapat menggores permukaan batu. Demikian pula, tinggalkan sikat gosok dan ganti dengan kain lembut untuk mencegah goresan.

Selalu uji di area kecil yang tidak mencolok sebelum menggunakan metode apa pun untuk membersihkan lantai marmer.

2. Awasi debu dan kotoran

Bersihkan lantai marmer sesering mungkin dengan pel debu yang bersih. Terutama bila ada kotoran dan pasir yang terlihat. Lakukan hal tersebut seminggu sekali. Tapi bila di rumah ada banyak orang, sebaiknya lakukan sesering mungkin.

Tempatkan keset atau karpet anti selip di sekitar pintu masuk untuk mempermudah pekerjaan Anda. Alas lantai ini akan membantu membatasi jumlah kotoran abrasif yang masuk ke dalam rumah yang bisa merusak lantai marmer.

Untuk membersihkannya, basahi dulu permukaan lantai dengan air bersih. Anda bisa menggunakan botol semprot atau kain pel bekas agar lantai tidak basah. Kemudian oleskan larutan pembersih sesuai petunjuk dengan pel lembut. Bilas permukaan secara menyeluruh dengan air bersih dan pastikan untuk mengganti dengan air segar sesuai kebutuhan.

Keringkan permukaan dengan kain lembut. Mengeringkan lantai marmer adalah langkah penting setelah setiap pembersihan atau perawatan noda, menurut Marble Institute of America. Beberapa marmer mengandung oksida besi, dan air dapat mengangkatnya ke permukaan dan meninggalkan noda karat.

3. Bersihkan secepatnya bila ada noda

Selain perawatan tadi, bila Anda menemukan noda pada lantai marmer, segera bersihkan secepatnya. Sebab, bila dibiarkan terlalu lama, noda akan sulit dihilangkan.

Jika ada sesuatu yang tumpah di lantai, segera bersihkan dengan kain lembut. Berhati-hatilah agar noda tidak menyebar dengan mengelap atau mengolesinya. Bilas dengan air dan sabun lembut, kemudian bilas lagi dengan lebih banyak air. Ulangi sesuai kebutuhan dan keringkan.

Bila ada noda luput dari perhatian Anda, membutuhkan perawatan yang lebih terarah. Karena noda yang berbeda memerlukan perawatan yang berbeda pula. Bahan organik (seperti sebagian besar makanan, kopi, teh, dan buah)—mungkin penyebab paling umum pada marmer berwarna terang—dapat dibuang dengan 12 persen hidrogen peroksida dan beberapa tetes amonia.

Tapi perlu diingat, meskipun aman untuk mencampur hidrogen peroksida dengan amonia, jangan campur dengan pembersih lain karena dapat menyebabkan reaksi kimia beracun.

Baca juga: Ketahui Jenis Keramik Lantai dan Kiat Memilihnya

Tuang larutan secukupnya untuk menutupi noda dan diamkan selama 10-30 menit, lalu siram dengan air. Jika Anda meninggalkan bekas goresan, basahi permukaannya dan oleskan bubuk pemoles marmer. Gosok lantai yang tergores dengan kain lembab dan keringkan.

Meski terlihat mudah, namun untuk perawatan lantai marmer membutuhkan perhatian yang lebih agar tetap terlihat cantik dan prima.
(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 19 Januari 2022
Imsak
04:20
Shubuh
04:30
Dhuhur
12:07
Ashar
15:30
Maghrib
18:19
Isya
19:33
Lihat Selengkapnya
QS. An-Nisa':59 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَطِيْعُوا اللّٰهَ وَاَطِيْعُوا الرَّسُوْلَ وَاُولِى الْاَمْرِ مِنْكُمْۚ فَاِنْ تَنَازَعْتُمْ فِيْ شَيْءٍ فَرُدُّوْهُ اِلَى اللّٰهِ وَالرَّسُوْلِ اِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ ذٰلِكَ خَيْرٌ وَّاَحْسَنُ تَأْوِيْلًا ࣖ
Wahai orang-orang yang beriman! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad), dan Ulil Amri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur'an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.